Kapan Waktu yang Terbaik untuk Melakukan Olahraga?

4 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Olahraga dibutuhkan setiap orang kapan pun untuk menjaga tubuh tetap bugar dan tidak gampang sakit. Namun sebenarnya, kapan waktu terbaik Anda melakukan olahraga? Apakah pagi, siang, sore atau justru malam hari? Sebenarnya, tidak ada waktu yang paling tepat untuk berolahraga, kapan saja bagus. Namun yang harus diingat bahwa waktu olahraga itu disesuaikan dengan tujuan olahraga itu. Misalnya, olahraga untuk mempermudah tidur, maka sebaiknya tidak dilakukan sore atau malam hari.

Berikut aturan berolahraga berdasarkan waktu yang pas dan sesuai dengan tujuan Anda.
1. Pagi

Mungkin ini adalah waktu yang paling umum dimanfaatkan orang untuk berolahraga. Awal hari yang sehat dan bersemangat tentu akan berdampak baik dalam kegiatan Anda selama satu hari penuh. Pagi hari juga menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga di luar ruangan karena udara masih relatif bersih.

2. Siang
Jika berolahraga pada siang hari, lakukanlah satu jam sebelum makan siang agar Anda bisa bergerak leluasa tanpa terganggu oleh perut yang terisi penuh. Jika Anda melakukannya ketika perut terisi penuh, kontraksi otot tidak bisa berlangsung dengan baik. Umumnya olahraga ini dilakukan untuk menyegarkan tubuh setelah setengah hari beraktivitas. Olahraga yang dilakukan biasanya ringan, tidak mengeluarkan terlalu banyak keringat dan tidak menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

3. Malam
Apapun jenis olahraga yang Anda lakukan sebaiknya dilakukan empat jam sebelum tidur. Itu adalah waktu yang paling ideal agar Anda tidak mengalami kesulitan untuk tidur. Perhitungannya: hingga 1 jam setelah olahraga tubuh masih terasa panas dan berkeringat, Anda harus menunggunya "dingin" sebelum mandi dan membersihkan tubuh, lalu masih ada sisa waktu 2 jam untuk bersantai, barulah Anda bisa tidur.

Seorang ahli fisiologi olahraga Jessica Matthews di American Council on Exercise mengatakan; Waktu terbaik untuk berolahraga adalah ketika Anda bisa melakukannya secara konsisten. Pilih waktu senggang Anda, yang bisa membuat Anda bisa lakukan olahraga dengan rutin dan konsisten.

Ritme tubuh yang mengatur kapan waktu istirahat dan kapan harus beraktivitas setiap orang bisa berbeda, itu juga bisa mempengaruhi kebutuhan Anda akan olahraga. Jika tidak bisa bangun pagi, olahraga sore juga boleh. Jika Anda bisanya siang hari, tidak masalah. Lakukan olahraga di dalam ruang untuk menghindari sengatan matahari yang panas.

Jadi, asal Anda menggerakkan tubuh untuk menjaga kebugaran tubuh serta membakar lemak berlebih, itu adalah waktu terbaik Anda untuk olahraga. Tidak perlu terpatok pagi, sore , dan malam hari. Kapanpun Anda berolahraga, jangan lakukan lebih dari 1 jam. Apalagi jika Anda tidak terbiasa atau rutin berolahraga.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)