Kapan Waktu Terbaik Mengganti Sikat Gigi Anda?

12 September 2016 Artikel Kesehatan


Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, menyikat gigi merupakan salah satu cara mudah dan sederhana yang rutin dilakukan saat mandi maupun sebelum beranjak tidur. Dengan menjaga kebersihan, tentu gigi akan bebas dari berbagai masalah termasuk gigi berlubang.

Nah, untuk menyikat gigi, peralatan yang paling penting ialah sikat gigi. Dengan pemakaian yang sering, lama kelamaan sikat gigi tentu menjadi tidak seefektif menyikat noda yang ada pada gigi. Lalu, berapa lama sih sebaiknya harus mengganti sikat gigi Anda dengan yang baru?

Simak ulasan berikut kapan waktu terbaik untuk mengganti sikat gigi Anda dengan yang baru seperti yang telah dilansir oleh coolgate.com.

Sebenarnya, waktu terbaik untuk mengganti sikat gigi Anda berkisar antara 3-4 bulan sekali. Sikat gigi yang jarang diganti dengan bulu sikat yang berantakan takkan mampu membersihkan gigi secara menyeluruh. Akibatnya, gigi masih belum bersih dan noda membekas akan menimbulkan penyakit pada gigi.

Selain itu, sikat juga perlu diganti lebih cepat jika bulu sikatnya sudah berantakan. Untuk sikat gigi anak-anak ada baiknya untuk diganti lebih cepat dibandingkan orang dewasa.

Tak hanya mengganti dengan yang baru, sikat gigi juga perlu dirawat dan dibersihkan secara teratur selepas menyikat gigi agar sikat dalam keadaan bersih dan bebas bakteri. Salah satunya adalah membilas sikat gigi di bawah air keran atau air yang mengalir. Ini berguna untuk membuat sisa air liur atau makanan yang menempel pada sikat gigi ikut terbuang. Setelah itu simpan sikat dalam keadaan vertikal dan bulu sikat di bagian atas agar mendapatkan sirkulasi udara.

Untuk tips selanjutnya, hindari menyimpan sikat dalam wadah tertutup. Hal tersebut hanya akan menyebabkan bakteri tumbuh lebih banyak. Maka dari itu, keringkan terlebih dahulu bulu sikat setelah pemakaian. Jika dalam keadaan bepergian, gunakan sikat gigi sekali pakai.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)