Kapan "Si Merah" Perlu Diwaspadai?

21 Januari 2010 Artikel Kesehatan


KOMPAS.com - Apakah arti warna "merah" buat Anda? Sinyal tanda bahaya, lambang kemakmuran atau kostum klub sepak bola favorit?

Dalam dunia medis, warna merah berarti darah. Meski tak selalu berupa kondisi berbahaya, namun sebaiknya Anda tak menyepelekan cairan merah yang keluar dari tubuh. Ayo kenali, kapan Anda perlu waspada pada warna merah.

Mimisan
Biasanya kondisi keluarnya darah dari hidung ini tidak berbahaya. Meski dalam beberapa kasus mimisan mengindikasikan penyakit yang berbahaya. Misalnya mimisan yang lebih sering terjadi dan mengeluarkan darah lebih banyak. Untuk kasus mimisan biasa, cukup diobati dengan selembar daun sirih.

Air ludah mengandung darah
Tak usah kaget bila Anda melihat darah dalam air ludah Anda, terlebih bila sudah beberapa waktu Anda menderita batuk. Kalau Anda jeli Anda juga akan menemukan darah dalam lendir. Hal ini mungkin terjadi karena pecahnya pembuluh darah saat Anda terbatuk. Segera periksakan ke dokter, terutama bila Anda merasakan sakit dan sulit bernapas.

Sperma mengandung darah
Segera temui dokter bila Anda menemukan ada darah dalam cairan sperma karena ini bisa jadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Urin mengandung darah
Bila Anda masih berkemih secara teratur, mungkin noda darah adalah tanda adanya infeksi. Biasanya dengan antibiotik masalah ini bisa atasi. Namun bila cairan yang keluar hanya darah, Anda harus melakukan pemeriksaan yang lebih serius.

Darah dalam feses
Kondisi yang perlu Anda waspadai adalah noda darah yang bercampur dengan feses, apalagi bila diikuti dengan gejala lain seperti berat badan turun secara drastis atau diare.

sumber: kesehatan.kompas.com