Kandungan Gizi Ubi Jalar yang Berguna bagi Tubuh

31 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Rata-rata semakin tinggi tingkat sosial seseorang, maka ia akan semakin lupa terhadap hal-hal yang sederhana. Termasuk dengan ubi jalar ini, yaitu salah satu makanan yang identik dengan kesederhanaan. Namun, beberapa orang yang tahu akan manfaat ubi jalar ini, justru mereka berusaha untuk selalu menghadirkan makanan tradisional ini pada meja makan mereka. Ubi jalar atau ketela rambat atau sweet potato (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi.

Ubi jalar merupakan salah satu bahan makanan yang sangat sehat. Sangat baik untuk semua orang mulai dari anak-anak balita sampai orang tua. Berdasarkan penelitian, kandungan gizi ubi jalar meliputi beragam vitamin dan mineral yang jumlahnya relatif lebih banyak dari kandungan gizi wortel. Penelitian terbaru telah mengungkapkan beragam manfaat ubi jalar bagi kesehatan mulai dari membantu pencernaan hingga manfaatnya bagi pembentukan tubuh.

Beberapa manfaat ubi jalar bagi kesehatan

*Menurut penelitian yang dilakukan lembaga P3TPI, ubi jalar terbukti rendah kalori dan mengandung antioksidan, betakaroten dan antosianin. Selain itu, ubi jalar juga banyak mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin C, B2, B6, D, E, dan biotin. Ubi jalar merupakan makanan dengan rasa manis yang bebas lemak dan mengandung 69% dari nilai harian Vitamin A dan 65% kebutuhan vitamin C dalam satu porsi (kurang lebih satu cup). Bahkan makanan super ini juga mengandung 4 gram protein per porsi!

*Ubi jalar mengandung antioksidan, sehingga dapat mencegah cepatnya kerusakan sel tubuh, penyebab penuaan dini. Manfaat lain adalah mencegah kanker, mengendalikan gula darah, menjaga elastisitas kulit, mencegah serangan jantung hingga membantu menurunkan berat badan. Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat yang baik.

Rendah kalori pada ubi jalar juga membuatnya baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Studi yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa kandungan kalium yang terdapat pada ubi jalar dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan maka resiko stroke yang mungkin dapat menyerangnya dapat menurun hingga 40%.

Dan bagi mereka yang menginginkan tubuh lebih kekar, ubi jalar merupakan pilihan makanan yang sangat baik. Seiring dengan kandungan vitamin yang tinggi, ubi jalar mengandung pati yang kompleks, yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan dan energi. Kadar serat ubi jalar juga membuat mereka mudah dicerna.
Setelah mengetahui kandungan gizi ubi jalar, masih berani meremehkan makanan yang satu ini?

(Dikutip dari berbagai sumber)