Kandungan dan Manfaat Buah Kesemek

13 September 2014 Artikel Kesehatan


Buah kesemek dikenal dengan nama oriental persimmon dan juga Shi. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, kalau dilihat buah ini sedikit mirip dengan apel tapi dibagian luar di tempeli serbuk putih. Kesemek ini kalau matang akan berwarna antara jingga dan kekuningan sampai kemerahan. Buah ini bisa dimakan secara langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan kemudian di peram agar rasa sepatnya hilang. Buah ini ternyata juga bisa dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, eskrim dan berbagai olahan lainnya.

Manfaat buah kesemek tidak kalah dengan buah apel. Kandungan zat serat dari satu buah kesemek dua kali lebih banyak dibandingkan dengan sebuah apel. Berdasarkan riset diketahui kalau buah kesemek mengandung senyawa-senyawa antioksidan yang selain dapat mencegah kanker juga dapat menghambat proses penuaan dini.

Beberapa kandungan buak kesemek, yaitu: 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker, Phytochemical lutein, betakaroten dan serat. Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung. Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengeluarkannya dari saluran cerna. Zat tanin (dinamai tanin-kaki) terkandung dalam buah kesemek yang muda sehingga menimbulkan rasa sepat. Zat tanin ini akan berkurang seiring dengan masaknya buah.

Berikut beberapa manfaat dari buak kesemek yang baik untuk kesehatan yaitu:

1.Penyakit Hipertensi. Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari.
2. Penyakit Asma dan batuk berdahak. Ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.
3. Sakit perut.Kupaslah satu buah kesemek segar, lalu makan. Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas di perut.
4. Diare dan disentri.Siapkan dua potong buah kesemek yang telah dikeringkan. Rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk sebanyak dua potong. Setelah tercampur rata, angkat dan siap untuk dikonsumsi oleh penderita dua sampai tiga kali sehari.
5.Mencegah kanker
6.Menghambat proses penuaan dini
7.Menyehatkan paru-paru
8.Menguatkan limpa
9.Menjaga agar tubuh tetap langsing

Dengan mengkonsumsi 1 buah kesemek setiap harinya terbukti bisa mencegah pengerasan pembuluh darah.Buah ini mampu menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang batas normal. Dengan terpeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah, maka secara tidak langsung kesehatan juga bakal terpelihara.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)