Kandungan dan Manfaat Buah Anggur untuk Tubuh

24 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Anggur adalah salah satu tanaman yang masuk kedalam keluarga vitacae, tanaman berupa perdu ini diperkirakan mulai diberdayakan sekitar tahun 4000 Masehi diwilayah timur tengah. Tanaman anggur baik tumbuh di daerah rendah yang memiliki intensitas cayaha matahari tinggi serta curah hujan yang rendah. Tanaman ini cocok dibudidayakan di wilayah dengan musim kemarau panjang antara 4-7 bulan.

Anggur dapat digolongkan sebagai tanaman obat dikarenakan banyak unsur-unsur dalam buahnya bermanfaat bagi tubuh. Dalam buah angur terdapat banyak senyawa polifenol dan resveratol. Kedua senyawa ini berperan dalam berbagai kegiatan metabolisme tubuh, keduanya juga dapat berperan dalam mencegah terbentuknya sel kanker dan penyakit lainnya.

Buah anggur ternyata mempunyai banyak khasiat. Selain dapat menyembuhkan darah tinggi, gangguan pencernaan dan stroke. Anggur ternyata masih banyak manfaatnya mulai dari biji maupun kulitnya. Jadi tidak ada ruginya jika Anda mengkonsumsi anggur.

Berikut beberapa khasiat mengkonsumsi Anggur:
  • Jika dibuat jus anggur, warnanya akan kehitaman karena adanya senyawa tannin. Tannin dalam anggur mampu mencegah kerusakan gigi.
  • Anggur yang berwarna merah dan coklat kehitaman mengandung ratusan senyawa flavonoid. Senyawa ini berguna sebagai antioksidan atau penggempur radikal bebas.
  • Jus anggur dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dari dalam tubuh dan efektif mencegah stroke.
  • Jika mengonsumsi anggur, makanlah dengan kulit dan bijinya. Di dalam biji buah anggur mengandung zat antioksidan pycnogenol.
  • Antioksidan berfungsi sebagai penguat kolagen dan meningkatkan fungsi pembuluh darah
  • Kadar gula yang tinggi pada anggur dapat menghasilkan energy. Bermanfaat untuk memulihkan energy tubuh, tapi tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.
  • Zat antioksidan pycnogenol ini juga bersifat antiaging (mencegah penuaan) sehingga proses penuaan dapat dihambat karena keampuhannya memperlambat mutasi sel.
  • Flavonoid pada anggur bermanfaat untuk merawat dan membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan sehingga risiko stroke dan darah tinggi bisa dihindari.
  • Kandungan kalium dalam anggur tinggi. Mineral ini mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah serangan stroke.
  • Mineral boron dalam anggur mempertahankan kadar kenormalan estrogen dalam darah wanita yang mengalami menoupouse dan dapat memperlambat terjadinya keropos tulang (osteoporosis).
  • Bagi perokok, apabila mengkonsumsi anggur. Asam Elegat dalam anggur mampu menghancurkan hidrokarbon, senyawa penyebab kanker yang disebabkan asap rokok.


Kulit anggur juga memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin. Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker. Ternyata khasiat buah anggur sangat banyak. Tidak salahnya jika menu harian anda disisipkan dengan buah anggur,bisa dibuat jus maupun salad.

(Dikutip dari berbagai sumber)