Kalsium Jengkol Perkuat Tulang

4 Februari 2010 Artikel Kesehatan


Anda tentu sudah mengenal buah jengkol. Selain mudah ditemukan di pasar dan warung-warung sayur, makanan ini dipercaya dapat menambah selera makan, meski harus menerima risiko aroma yang tidak sedap.

Namun berdasarkan hasil penelitian, jengkol sangat baik bagi kesehatan tulang dengan kandungan kalsium yang tinggi, yaitu 140 mg/ 100 g.

Kalsium sendiri dapat berfungsi untuk mengatur proses biologis dalam tubuh serta mampu membantu pembentukan tulang dan gigi.

Pada usia dewasa, mengkonsumsi kalsium (800 mg per hari) sangat perlu untuk menjaga kesehatan tulang. Sedangkan di masa pertumbuhan, kandungan kalsium sangat penting untuk membentuk tulang yang kuat.

Tak hanya kalsium, ternyata jengkol juga memiliki kandungan gizi, seperti protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, zat besi, minyak atsiri, fosfor dan lain sebagainya.

Beberapa penyakit yang dapat ditangani dengan konsumsi jengkol adalah penderita diabetes, anemia dan sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi.

Berdasarkan penelitian Soemitro (1987), senyawa aktif dalam kulit halus buah cenderung menunjukkan efek penurunan kadar gula darah yang besar, sehingga baik untuk penderita diabetes. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat