Kalsium Bikin Vitamin D Efektif

19 Januari 2010 Artikel Kesehatan


Vitamin D telah lama diketahui bagus untuk tulang. Tetapi, hasilnya akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan kalsium. Sebuah studi menemukan, suplemen kalsium dan vitamin D harian bisa mengurangi risiko patah tulang pada perempuan dan laki-laki dari semua usia, bahkan jika mereka pernah patah tulang sebelumnya. Akan tetapi, vitamin D sendiri tidak menawarkan perlindungan yang berarti.

Para peneliti menganalisis data 68.517 partisipan yang turut ambil bagian dalam tujuh studi yang melihat efek vitamin D atau kombinasi vitamin D dan kalsium dalam mengurangi risiko patah tulang.

Analisis mengungkap bahwa vitamin D sendiri (dengan dosis 10-20 microgram per hari) tidak bisa mencegah patah tulang. Akan tetapi, kombinasi vitamin D dan kalsium terbukti bisa mengurangi risiko patah tulang pinggul, patah tulang total serta kemungkinan patah tulang belakang.

"Semakin banyak bukti yang menyebutkan bahwa kombinasi kalsium dan vitamin D lebih efektif dibandingkan vitamin D sendiri dalam mencegah patah tulang," terang Opinder Sahota, dari Queen's Medical Center di Nottingham, Inggris, seperti dikutip situs healthday.

Akan tetapi, terang Sahota, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk menentukan dosis yang paling efektif, lama waktu penggunaan dan metode penggunaan kombinasi kalsium dan vitamin D yang tepat.(IK/OL-O8)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat