Kaki Datar Indikasi Rematik Arthritis

29 September 2009 Artikel Kesehatan


"Kaki merupakan indikasi bagus untuk melihat proses apa yang berlangsung di dalam tubuh," terang podiotrist Christopher Hunt. Pergelangan kaki yang bergelombang (suatu kondisi di mana pergelangan kaki menggulung ke dalam) misalnya, terang Hunt, merupakan indikasi kalau ada yang salah dengan postur tubuh, yang akhirnya bisa memicu sakit punggung kronis.

Kaki terdiri dari dua puluh enam tulang dan persendian utama. Dan cara Anda berjalan bergantung pada bagaimana tulang-tulang dan persendian ini bergerak dengan terorganisasi satu sama lain dan dengan tulang lain di dalam tubuh. Karena itu, kaki datar bisa mengindikasikan lengkungan tulang belakang dan jari-jari kaki yang berubah bentuk merupakan gejala awal munculnya rematik arthritis di usia selanjutnya.

Bentuk, tekstur dan warna kaki Anda bisa menunjukkan gejala kodisi lain di dalam tubuh, seperti gangguan sirkulasi darah dan gejala awal diabetes. Untuk membantu Anda mendeteksi dini, berikut beberapa kondisi kaki dan penyakit yang mungkin berada di baliknya.

Bisul/luka. Jika Anda melihat adanya bintik atau gumpalan yang berkembang menjadi tonjolan atau bisul merah di area kaki, khususnya jika gejala ini tidak menghilang atau muncul lagi, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter untuk melihat kemungkinan diabetes.

Bisul yang tidak kunjung sembuh seringkali merupakan gejala awal diabetes. Hal ini karena pengidap diabetes cenderung memiliki darah yang agak mengental, karena kadar glukosa tinggi dalam darah. Ini akan membuat oksigen kesulitan mencapai jaringan saraf di kaki, padahal oksigen sangat diperlukan dalam proses penyembuhan bisul atau luka.

Selain itu, pengidap diabetes juga mengalami penurunan kemampuan memproduksi sel-sel darah putih yang diperlukan untuk melawan infeksi (saat bisul mulai muncul dan terinfeksi).

Pengobatan. Ada baiknya memeriksakan diri untuk melihat kemungkinan diabetes sekaligus mendapatkan obat yang tepat.

Perubahan warna kaki. Seorang podiatrist bisa mendeteksi adanya gangguan peredaran darah dengan melihat perubahan warna pada kulit. Menurut Hunt, warna kebiru-biruan menunjukkan sirkulasi yang buruk. Hal ini kadang-kadang disebabkan oleh nikotin yang dikandung dalam rokok bekerja mempersempit pembuluh darah di kaki dan telapak kaki. Hal ini akan membuat jaringan di kaki kekurangan darah dan oksigen, sehingga kaki berubah warna menjadi kebiru-biruan.

Pengobatan. Selain berhenti merokok, ada baiknya melakukan olahraga teratur untuk memperbaiki fungsi otot dan mendorong peningkatan jumlah aliran oksigen ke otot kaki. Selain itu, dokkter bisa meresepkan obat yang didisain untuk meningkatkan pengiriman oksigen ke pembuluh darah.

Kerusakan kuku. Kerusakan kuku juga merupakan pertanda adanya gangguan di dalam tubuh. Kuku yang bergelombang karena patah-patah atau kuku yang berbintik-bintik bisa menunjukkan adanya eksem dan psoriasis, gangguan kulit yang ditandai dengan munculnya noda-noda bersisik di kulit.

Pengobatan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk melihat kemungkinan penyakit kulit sekaligus mendapatkan pengobatan yang tepat. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat