Kafein Kurangi Fibrosis Hati Pasien Hepatitis C

14 Januari 2010 Artikel Kesehatan


Kandungan kafein pada kopi mengurangi keparahan fibrosis hati pada pasien hepatitis C kronis.

Fibrosis hati (parutan di hati) merupakan stadium dua penyakit hati. Pada kondisi ini, fungsi hati menurun karena penumpukan jaringan penghubungan.

Para peneliti dari National Institutes of Health di Amerika Serikat mempelajari 177 pasien dengan rata-rata usia 51 tahun. Para peneliti mencatat konsumsi kafein (dari makanan dan minuman) pasien selama dua tahun.

Peneliti menemukan, pasien yang mengonsumsi lebih dari 308 miligram kafein dari kopi per hari memiliki fibrosis hati yang lebih ringan dibandingkan pasien lain. Jumlah asupan kafein, menurut peneliti, turut mempengaruhi manfaat.

Jumlah asupan harian yang dinyatakan bermanfaat setara dengan 2,25 cangkir kopi regular per hari. Setiap penambahan 67 miligram konsumsi kafein (sekitar setengah cangkir kopi) setara dengan 14 persen pengurangan risiko perkembangan fibrosis hati pada pasien hepatitis C.

Akan tetapi, terang peneliti, sumber kafein lain seperti minuman ringan, teh, minuman yang diperkaya dengan kafein dan pil kafein, tidak mempunyai efek yang sama. Selain itu, peneliti juga menyatakan perlunya penelitian lebih lanjut sebelum Anda menambah asupan kopi hingga melebihi jumlah normal.(IK/OL-5)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat