Jus Jeruk untuk Sarapan? Ini Manfaatnya

20 Juni 2019 Artikel Kesehatan


Banyak makanan dan minuman yang bisa menutrisi tubuh dengan sangat baik dengan kandungan vitamin dan mineralnya. Salah satu minuman yang punya banyak manfaat untuk tubuh dan baik untuk diet adalah jus jeruk. Ada yang bilang, minum jus jeruk atau air perasan lemon di pagi hari dengan air hangat bisa mempercepat penurunan berat badan. Tapi, bukannya jeruk dan lemon terasa asam? Sedangkan asam lambung cenderung akan meningkat di pagi hari setelah tidak diisi makanan apa pun selama tidur. Bisa jadi Anda malah sakit perut kan? Pertanyaan ini sangat wajar.

Berikut ini beberapa manfaat minum jus jeruk:
1. Melancarkan peredaran darah

Antioksidan dalam jus jeruk yang disebut hesperidin bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah. Ditambah dengan vitamin C, bioflavanoid, potassium, magnesium, Vitamin B6 dan beta carotene bisa membantu melancarkan peredaran darah. Membuat darah lebih merah dan bisa mengikat oksigen lebih baik sekaligus menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler.

2. Menghindari peradangan
Manfaat mengkonsumsi jus jeruk saat sarapan adalah bahwa hal itu dapat mengurangi terjadinya peradangan. Jus jeruk memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Ini mengurangi peradangan dan bertindak sebagai agen anti-peradangan.

3. Kekebalan Tubuh
Vitamin C dan zat antioksidan pada buah lemon dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum jus lemon setiap pagi bisa membantu Anda lebih semangat dan tidak mudah sakit.

4. Menguatkan dan menjaga kepadatan tulang
Karena jus jeruk juga kaya kalsium, minuman ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan , tulang dan gigi. Jika tidak suka minum susu, maka minum jus jeruk di pagi hari bisa memberi asupan kalsium cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Namun tentu saja Anda harus memerhatikan porsinya. Minum dengan porsi sedang atau cukup dan imbangi dengan makan makanan bergizi lain saat sarapan, misalnya roti gandum atau oatmeal, sehingga tidak menimbulkan masalah perut nantinya. Satu hal lagi yang perlu diingat bagi orang yang punya penyakit maag disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi jus jeruk karena bersifat asam.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)