Jus Bit Tingkatkan Stamina

21 Mei 2010 Artikel Kesehatan


Ingin memaksimalkan daya tahan tubuh? Cobalah minum jus bit. Jus ini, menurut temuan peneliti, meningkatkan stamina dengan membuat otot-otot lebih efisien dalam menggunakan energi.

Tahun lalu, peneliti yang sama menyatakan bahwa jus sayuran merah tersebut bisa meningkatkan daya tahan fisik. Studi tersebut fokus pada lelaki berusia 19 hingga 38. Mereka diminta bersepeda.

Peneliti menemukan, minum setengah liter jus bit sehari selama seminggu memungkinkan partisipan bersepeda 16 persen lebih lama sebelum akhirnya merasa lelah.

Sekarang, peneliti tersebut berhasil mengungkap cara kerja jus bit. Minum jus bit, terang peneliti, menggandakan jumlah nitrat dalam pembuluh darah partisipan dan mengurangi kecepatan otot dalam menggunakan sumber energi utama. Jus bit membantu otot bekerja lebih efisien dan mengurangi penggunaan oksigen.

''Sejak studi pertama selesai, kami sudah mulai tertarik untuk meneliti manfaat minum jus bit di bidang olahraga profesional,'' terang pemimpin studi Profesor Andy Jones, dari the University of Exeter's School of Sport and Health Sciences.

"Saya berharap studi ini menarik perhatian atlet," imbuh Jones, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Kamis (20/5).

Minum jus bit terbukti meningkatkan kadar nitrat dalam darah dan mengurangi penggunaan adenosine triphosphate oleh otot. Adenosine triphosphate merupakan sumber energi utama tubuh. Selain itu, menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology ini, penggunaan oksigen oleh otot juga diturunkan.

Dalam studi ini, tim Jones mempelajari tujuh lelaki sehat. Partisipan tersebut diminta melengkapi serangkaian latihan memanjangkan lutut dan peneliti mengukur tingkat usaha mereka.

Pada saat yang sama, pemindai magnetic resonance imaging (MRI) memonitor apa yang terjadi dalam otot-otot partisipan. Tes tersebut diulang beberapa kali, baik setelah partisipan minum jus bit dan setelah mereka minum blackcurrant cordial. (IK/OL-5)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidusehat