Joging Tidak Efektif Melangsingkan

28 September 2010 Artikel Kesehatan


Menurut seorang pelatih kebugaran asal London, Greg Brookes, berlari mungkin bukanlah bentuk olahraga ideal, terutama bagi Anda yang tengah berupaya menurunkan berat badan.

"Banyak orang yang memulai program penurunan berat badan dengan melakukan joging dan mereka kerap menemui kegagalan," kata Brookes. Menurutnya, itu disebabkan lemak merupakan sumber energi favorit di tubuh kita. Maka itu semakin lama Anda berlari, tubuh anda kan semakin siap untuk gerakan selanjutnya. Tubuh juga akan siap mengasup lebih banyak lemak.

Brookes yang merupakan pelatih kebugaran pribadi berbagai kalangan, mulai dari selebritas hingga ibu rumah tangga mengutarakan penyebab ketidakefektifan dari joging yakni karena tubuh adalah mesin yang memiliki kinerja luar biasa sehingga akan segera mudah beradaptasi dengan kondisi terbaru.

"Karena itu, semakin banyak Anda joging, kemampuan berlari Anda pun akan semakin meningkat. Anda pun akan terbiasa hingga akhirnya energi yang terkuras semakin sedikit begitu juga dengan jumlah kalori yang terbakar," kata Brookes.

Menurutnya, berlari juga kurang baik bagi sendi. "Ketika kita berlari, sebanyak 2,5 kali berat badan kita akan terhubung dengan sendi. Bila itu terulang terus, bahkan sendi paling lemah di tubuh kita pun akan menyerah. Biasanya sendi itu terdapat di lutut dan pergelangan kaki." Pendapat Brookes ini tentu kontras dengan asumsi yang selama ini beredar bahwa olahraga jenis apa pun termasuk joging akan meningkatkan metabolisme tubuh. (Pri/OL-06)

sumber: mediaindonesia.com