Jintan Hitam Ampuh Tangkal AIDS

9 November 2009 Artikel Kesehatan


JINTAN hitam mempunyai segudang manfaat. Benda kecil yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan dan Timur Tengah ini umumnya digunakan sebagai sebagai bahan masakan serta dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Bahkan ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah memanfaatkan Jintan hitam untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, hidung tersumbat, saluran pernafasan serta mengatasi parasit usus seperti cacing.

Ia dikenal dengan banyak sebutan seperti habbatussauda, black seed, black caraway, nature seed, black cumin, nigella sativa, kaluduru sementara khasiat jintan hitam diperoleh dari bijinya. Pokoknya mengeluarkan bunga berwarna ungu muda atau putih. Buahnya berbentuk kapsul yang mengandung banyak biji kecil berwarna putih dan berbentuk trigonal. Setelah matang kapsulnya terbuka dan biji-bijinya akan berubah menjadi hitam.

Jintan hitam juga dikenal sebagai BRM (Biological Response Modifier) karena ada penelitian yang dilakukan terhadap tikus dan menunjukkan bahwa ekstrak dari bijinya bersifat toksik kepada sel kanker. Penelitian ini juga memperlihatkan sel kanker yang diberi ekstrak jintan hitam dalm inkubator tidak dapat menghasilkan faktor untuk pertumbuhan (Fibroblast Growth Factor) dan protein berkolagen yang diperlukan untuk pertumbuhan tumor.

Berikut manfaat lainnya dari jintan hitam yang pernah dijumpai dalam makam Firaun yang terkenal, Tuthankamen dan oleh Cleopatra yang menjaga kecantikan serta kesehatannya dengan jintan hitam.

1. Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita
Kandungan omega 3, 6, 9 yang terdapat dalam Jintan hitam merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

2. Meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan
Sangat bermanfaat bagi anak usia pertumbuhan dan lansia. Dengan kandungan asam linoleat (omega 6 dan asam linoleat (Omega 3), jintan hitam merupakan nutrisi bagi sel otak berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, serta memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak.

3. Meningkatkan bioaktifitas hormon
Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan Jintan hitam adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormon.

4. Menetralkan racun dalam tubuh
Racun dapat menganggu metabolisma dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan seperti keracunan dapat berupa diare, pusing, gangguan pernafasan dan menurunkan daya konsentrasi. Jintan hitam mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

5. Mengatasi gangguan tidur dan stress
Saponin yang terdapat didalam jintan hitam memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stress.

6. Anti histamin/anti alergi
Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma. Dari minyak jintan hitam dapat diisolasi ditymoquinone. Senyawa pada minyak yang volatil (mudah menguap) ini disebut nigellone. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma.

7. Memperbaiki saluran pencernaan dan sebagai anti bakteri
Jintan hitam mengandung minyak atsiri dan volatil yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare karena mampu membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetraciclin.

8. Melancarkan air susu ibu
Kombinasi asam lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatus sauda dapat melancarkan air susu ibu.

9. Menguatkan sistem kekebalan Tubuh
Jintan hitam dapat meningkatkan jumlah se-sel T, yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Efektifitasnya hingga 72 jika dibandingkan dengan plasebo hanya 7 . Dengan demikian mengkonsumsikan Jintan hitam dapat meningkatkan kekebalan tubuh seta sebagai bioregulator. Dengan demikian Jintan hitam dapat dijadikan penangkal penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti kanker dan AIDS.

10. Anti tumor
Minyak jintan hitam diperkenalkan ilmuwan dari laboratorium Kanker dan Imunologi, California Selatan sebagai perangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Senyawa yang terkandung di dalamnya dapat menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.

11. Nutrisi bagi manusia
Jintan hitam yang kaya akan kandungan nutrisi sangat ideal untuk lansia terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas otak agar tidak cepat pikun. Jintan hitam mengandung 15 macam asam amino termasuk di dalamnya 9 asam amino essensial. Asam amino essensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup sehingga perlu adanya suplemen yang dapat mencukupinya. (OL-08)

gambar: gourmetsleuth.com

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat