Jenis Sakit Kepala yang Menyebabkan Tumor Otak

22 September 2014 Artikel Kesehatan


Sebagian besar manusia pernah mengalami sakit kepala, mulai dari balita hingga manula. Pemicu atau penyebab sakit kepala ini pun sangat beragam. Dewasa ini, semakin banyak sekali orang yang terjangkit penyakit-penyakit kronis yang ironisnya baru diketahui saat tingkat keparahannya benar-benar tinggi. Oleh sebab itu, guna menghindari hal tersebut, maka ada baiknya jika Anda mulai mengetahui dan mengenal tanda-tanda terjadinya penyakit kronis seperti tumor otak.

Gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit tumor otak sendiri memang sangat beragam, bahkan setiap orang akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, tumor otak tidak hanya bisa ditentukan menggunakan perkiraan, namun menggunakan pemeriksaan pasti seperti CT-scan guna memperkuat diagnose dokter. Dan biasanya tumor otak ini ditandai dengan munculnya berbagai keluhan penyakit kepala yang berbeda-beda. Nah, agar kita dapat terhindar dari bahaya penyakit tumor yang dapat membawa dampak negatif bagi tubuh, maka ada baiknya jika kita mulai mengenali jenis-jenis sakit kepala tersebut.

1. Sakit Kepala Baru
Salah satu tanda-tanda yang mengindikasikan adanya tumor pada bagian otak adalah dengan munculnya sakit kepala baru. Sakit kepala jenis ini sebelumnya belum pernah Anda rasakan, namun tiba-tiba saja akhir-akhir ini Anda mulai mengalaminya. Bahkan tidak jarang ada orang yang mengalami rasa sakit pada bagian kepala yang jauh berbeda dari sebelumnya, mulai dari rasa sakitnya ataupun lama sakit yang mereka rasakan.

2. Munculnya Gejala Lain
Selain sakit kepala baru, munculnya tumor otak biasanya juga ditandai dengan munculnya gejala-gejala lain seperti pusing, mual, muntah, hingga hilangnya kesadaran, yang terjadi secara tiba-tiba. Dalam kondisi terburuk, indikasi-indikasi terjadinya tumor otak juga ditandai dengan kejang, lemahnya tungkai saat digunakan, kesulitan berbicara, hingga terjadinya gangguan pada penglihatan tepi.

3. Mengalami Sakit Kepala Di Pagi Hari
Selain itu, indikasi-indikasi terjadinya tumor otak biasanya juga ditandai dengan munculnya sakit kepala di pagi hari secara tiba-tiba yang disertai dengan mual dan muntah. Dalam kondisi terburuk, biasanya rasa sakit yang dialami tersebut akan bertahan hingga sepanjang hari. Oleh sebab itu, apabila Anda mulai mengalaminya, maka ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter guna mendapatkan perawatan medis yang tepat sebelum terlambat.

4. Sakit Kepala yang Semakin Parah
Satu lagi tanda-tanda terjangkitnya tumor otak yang harus benar-benar Anda waspadai. Tanda ini lagi-lagi menyerang bagian kepala. Namun bedanya, sakit pada bagian kepala yang Anda rasakan kini semakin lama semakin sering muncul. Tidak hanya dalam hitungan hari, namun sakit tersebut terkadang juga muncul dalam hitungan minggu atau bahkan hitungan bulan. Kondisi ini bukanlah kondisi yang dapat Anda anggap sepele. Sebaliknya, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter guna mendapatkan kejelasan mengenai gejala-gejala yang mungkin saja Anda alami.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhi angka harapan hidup pasien tumor otak, diantaranya adalah kemampuan untuk melakukan deteksi dini, salah satunya dengan mengenali ciri-ciri penyakit tumor otak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)