Jenis Olahraga Terbaik untuk Penderita Asma

3 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Jika seseorang memiliki asma, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga diri agar asma tidak kambuh, salah satunya adalah memilih kegiatan yang tepat. Kegiatan yang terlalu berat bisa memicu terjadinya asma dan ini bisa berbahaya jika Anda tidak mengatasinya dengan cepat. Salah satu aktivitas yang juga sering dikhawatirkan banyak penderita asma adalah olahraga. Mereka tidak bisa sembarangan melakukan olahraga mengingat kondisi asma yang mungkin saja muncul ketika keletihan.

Nah, berikut olahraga yang bisa dilakukan dengan aman untuk penderita asma:
1. Yoga

Jika bicara tentang melatih pernapasan dengan baik, maka olahraga yoga tidak bisa dilewatkan. Bukan hanya melatih fleksibilitas tubuh, yoga juga melatih pernapasan yang sangat baik untuk para penderita asma. Berlatih pernapasan bisa memperbanyak kapasitas paru-paru. Penelitian menunjukkan, orang yang melakukan latihan yoga dua setengah jam seminggu selama 10 minggu mampu menurunkan ketergantungan pengobatan terhadap asma. Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan melakukan Tai Chi dan meditasi.

2. Renang
Berenang membuat seluruh tubuh bekerja tanpa beresiko cedera sendi, sehingga cocok untuk segala usia. Pilihlah kolam renang di dalam ruangan adalah pilihan karena udara hangat dan lembab, sehingga saluran udara Anda tidak akan mengering yang berpotensi memicu serangan asma .

3. Berjalan
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa dengan asma yang berjalan 3 kali seminggu selama 12 minggu berturut-turut mampu mengontrol asma yang mereka derita sekaligus meningkatkan kebugaran tanpa memicu serangan tiba-tiba. Berjalan selama 30 menit per hari juga sangat baik, dengan waktu 5 menit mengatur pemanasan dan pendinginan. Jika ingin membakar lebih banyak kalori, bisa berjalan cepat selama 5 menit sekali dalam kurun waktu 30 menit.

Jadi, jika khawatir dan bingung mau melakukan olahraga apa karena Anda punya asma, maka olahraga diatas adalah pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)