Jenis Olahraga Efektif Berdasarkan Golongan Darah

6 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Sebenarnya olahraga apapun sah-sah aja dilakukan oleh semua orang. Selama ia mampu untuk melakukannya dan tidak membahayakan tubuhnya. Supaya olahraga yang dilakukan sesuai degan tubuh, dapat Anda mencocokkan jenis olahraga yang akan dilakukan dengan golongan darah. Tidak hanya isapan jempol belaka, pemilihan jenis olahraga berdasarkan golongan darah nyatanya memang lebih efektif. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Pasalnya, setiap golongan darah adalah unik dan mengandung jenis antigen berbeda, yang bereaksi pada sistem imun tubuh. Inilah mengapa jenis makanan dan jenis olahraga berdasarkan golongan darah akan mengefektifkan sistem metabolisme yang terjadi dalam tubuh.

Berikut jenis latihan dan olahraga berdasarkan golongan darah:

1. Golongan Darah A

Jenis olahraga yang intens apalagi terlalu keras dianggap tidak pas untuk orang-orang dengan golongan darah A. Jenis olahraga yang intens dan terlalu keras akan mengakibatkan otot mengeras dan memicu terbentuknya asam laktat berlebih. Hal ini akan diikuti dengan meningkatnya kadar kortisol sehingga tubuh lebih cepat lelah. Berdasar pada fakta ini, jenis olahraga Tai Chi, Yoga, dan sejenisnya lebih cocok untuk orang dengan golongan darah A.

2. Golongan Darah B
Olahraga yang cocok dengan golongan darah ini adalah yang seimbang. Ini berarti mereka disarankan melakukan sedikit olahraga yang melibatkan olah napas serta penurunan stres seperti yoga, tetapi juga perlu melakukan latihan kardio dan angkat beban.

3. Golongan Darah O
Energik adalah salah satu karakter umum dari orang-orang bergolongan darah O. Karakter ini pun berimbas pada jenis olahraga yang sesuai dengan golongan darah mereka. Untuk si O yang energik, latihan dengan intensitas tinggi seperti renang dan jenis kardio lainnya akan lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, tubuh pun akan terasa lebih berenergi, tidak mudah lelah, dan suasana hati menjadi jauh lebih baik.

4. Golongan Darah AB
Dengan perpaduan antigen golongan darah A dan golongan darah B, orang dengan golongan darah AB disarankan memilih jenis olahraga yang merupakan hasil kombinasi dari aspek latihan golongan darah A dan golongan darah B secara rutin.

Nah, mulai sekarang efektifkan olahraga dengan memilih jenis olahraga berdasarkan golongan darah Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)