Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Berpuasa

16 Mei 2018 Artikel Kesehatan


Tidak terasa umat muslim berjumpa kembali dengan bulan ramadhan. Seperti yang diketahui bersama, di bulan suci ini semua umat muslim akan menjalankan suatu kewajiban yakni berpuasa. Bagi umat muslim, bulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Hal ini tidaklah mengherankan karena dibulan tersebut setiap amal ibadah yang dikerjakan akan dilipat gandakan olah Allah. Selain itu, bulan ramadhan juga adalah bulan yang penuh rahmat, penuh ampunan dan penuh berkah.

Perlu diketahui bahwa ketika puasa sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat daripada biasanya. Hal ini bisa terjadi karena pada saat berpuasa, semua sistem tubuh akan beristirahat terutama dalam hal mencerna maupun mengolah makanan. Meskipun demikian, Anda juga diajurkan untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat selama berpuasa. Selama bulan puasa, sebaiknya Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Kenapa? karena perlu diketahui bahwa beberapa makanan tertentu dapat mengganggu kesehatan Anda selama berpuasa. Ingin tahu apa saja makanan yang harus dihindari ketika berpuasa?

Makanan dengan kadar lemak tinggi
Lemak memiliki peran penting sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Namun bila lemak yang dikonsumsi mengandung kadar lemak terlalu tinggi tentu dapat membahayakan kesehatan tubuh. Walau rasanya lezat, makanan seperti kulit ayam, jeroan, bersantan, daging berlemak, gorengan, keju, dan lain sebagainya sebaiknya dihindari. Makanan berlemak sulit dicerna dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada lambung.

Makanan dengan kadar gula tinggi
Anda mungkin sering mendengar dengan sebuah kalimat "berbukalah dengan yang manis". Kalimat tersebut memang benar, tapi kebanyakan orang malah justru salah mengartikannya. Berbuka dengan yang manis lebih diajurkan untuk makanan seperti madu asli atau buah-buahan yang segar dan manis seperti halnya kurma.

Makanan yang terlalu pedas
Bagi penggemar makanan bercita rasa pedas, usahakan untuk mengurangi mengonsumsi makanan tersebut selama bulan puasa. Masakan pedas memang terasa nikmat dan menggugah selera makan. Tapi jika kebiasaan tersebut terus dilakukan dapat merusak dinding lambung dan lagi pencernaan akan terganggu seperti mulas atau sembelit.

Makanan yang harus dihindari saat puasa di atas sebaiknya benar-benar dijauhi ketika sahur maupun berbuka agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)