Jenis Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

5 November 2018 Artikel Kesehatan


Paru-paru merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Peranannya yang sangat penting menjadikan kita wajib merawatnya supata tidak sakit. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak menghirup udara berpolusi dan tidak merokok. Dengan menjaga kesehatan paru-paru untuk tetap bersih, maka fungsi organ tubuh yang Anda miliki mampu tetap sehat dan juga dapat bekerja secara maksimal. Tetapi tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang mampu membersihkan orga vital tubuh ini secara alami.

Sayur dan Buah yang Mengandung Karotinoid

Beberapa sayur dan buah-buahan yang mempunyai kandungan karonoid adalah ubi jalar, wortel, tomat, dan sayuran hijau gelap. Sebab khasiatnya yang luar biasa, karotinoid dipakai sebagai antioksidan untuk menurunkan resiko kanker paru-paru.

Sayuran

Sayuran seperti kol, brokoli, dan kubis mempunyai kandungan yang sangat baik menjaga kesehatan paru-paru. Jadi, jangan lupa untuk menyertakan sayuran di setiap menu makananmu sehari-hari. Selain bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, sayur-sayuran juga dapat mencegah mata mengalami gangguan.

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi kesehatan paru-paru. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari buah-buahan misalnya buah stroberi, nanas, kiwi, mangga dan anggur yang kaya akan vitamin C.

Bawang Putih

Bawang putih mempunyai zat yang dinamakan allicin, zat ini berfungsi melawan infeksi serta mengurangi peradangan paru-paru. Zat ini sangat baik untuk penderita infeksi paru-paru dan asma.

Jahe

Menjadikan jahe sebagai minuman hangat atau menambahkannya ke dalam masakan akan memberikan efek sangat baik untuk kesehatan paru-paru.

Kunyit

Rempah yang sangat mirip jahe ini ternyata juga bisa meringankan peradangan paru-paru. Zat curcumin yang terkandung didalamnya akan menghilangkan zat-zat penyebab penyakit kanker paru-paru.

Makanan yang Mengandung Magnesium

Magnesium adalah salah satu mineral yang paling ampuh untuk menyembuhkan asma. Beberapa makanan yang kaya akan magnesium adalah alpukat, pisang, kacang-kacangan, buah-buahan kering dan ikan.

Itulahbeberapa makanan yang sangat baik untuk paru-paru. Mengonsumsi makanan ini mampu membersihkan paru-paru Anda dan juga menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan paru-parunya tetap sehat dan bersih.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)