Jauhi Smartphone Ketika Tidur Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi

19 November 2016 Artikel Kesehatan


Mempunyai kebiasaan tidur dekat dengan smartphone? Sebaiknya Anda harus menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya, tidur berdekatan dengan smartphone rupanya tidak baik untuk kesehatan.

Meski sudah menjadi kebutuhan yang tak dapat dipisahkan, ada baiknya kita menghentikan segala aktivitas yang berkaitan dengan smartphone dan menjauhkannya selagi tidur.

Radiasi sinyal yang dipancarkan oleh ponsel, menurut pakar kesehatan rupanya bisa mempengaruhi fungsi organ-organ penting yang ada di dalam tubuh kita. Dan jika teradiasi dalam frekuensi yang cukup dekat dan sering bisa menimbulkan penyakit berbahaya.

Untuk penjelasan dan efek buruk smartphone selagi tidur, simak ulasannya berikut ini.

Kanker

Radiasi yang di keluarkan smartpone atau ponsel ternyata tidak hanya bisa menyebabkan tumor di otak, namun juga memicu timbulnya kanker. Munculnya sel-sel abnormal yang menginfeksi bagian organ dalam manusia itu sebagian besar terjadi karena ponsel terlalu dekat dengan penggunanya dalam jangka waktu yang sangat lama.

Sakit kepala

Anda pengguna ponsel yang aktif lebih sering terkena sakit kepala dari pada pengguna ponsel yang pasif, hal ini disebabkan karena radiasi ponsel saat kita tidur mempengaruhi sistem kerja urat dan saraf kepala kita.

Gangguan jantung

Anda pasti sudah mengerti bahwa jantung adalah organ tubuh terpenting manusia karena ini menyangkut maut dan nyawa manusia, Menurut para pakar kesehatan radiasi berbahaya yang di keluarkan dari sebuah ponsel maupun smartpone tersebut. Penyakit jantung bisa saja tiba-tiba datang bila ponsel selalu dekat saat kita tidur. Karena itulah jauhkan ponsel dari anda jika anda sayang pada jantung maupun keselamatan anda.

Tumor otak

Tidak jarang jika kita sering meletakkan hp, ponsel di sebelah kepala kita baik itu sengaja atau tidak di sengaja, hal itu dapat menimbulkan dan memicu pertumbuhan neoplasma yang dapat mempengaruhi regenerasi sel yang tidak berjalan semestinya. Berdasarkan pada pengamatan kasus yang sudah terjadi, tumor otak lebih sering dialami oleh orang dewasa yang masih berusia produktif.
Namun penyakit ini bisa saja muncul di kalangan anak-anak maupun remaja yang selalu terkena imbas dari radiasi ponsel tersebut. Karena itu sebelum kemungkinan buruk terjadi pada Anda maka segera jauhkan handpone dan selular Anda jika saat tidur.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)