Jauhi Ini Setelah Makan

13 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Siapa yang tak ingin sehat selalu? Semua orang tentu menginginkan hal tersebut. Tanpa kesehatan maka aktifitas apapun pastinya tak akan dapat dilakukan dengan baik. Untuk itu, menjaga pola makan serta memperhatikan kebutuhan tubuh sangatlah penting.

Namun ada beberapa hal yang seringkali tidak kita sadari bahwa aktifitas yang sering kita lakukan ternyata merugikan untuk tubuh kita. Misalnya hal setelah makan. Tahukah Anda apa saja yang tak boleh dilakukan setelah makan? Berikut ulasannya:

Minum Teh
Kandungan zat tannin dalam teh akan mempengaruhi proses penyerapan sari makanan di lambung. Kalau kita terbiasaminum tehsetelah makan, penyerapan sari makanan, terutama zat besi, akan terganggu. Jika keadaan ini terus berlanjut, bisa-bisa kita jadi kekurangan zat besi dan mengalami anemia.

Merokok
Para ilmuwan telah menetapkan dengan percobaan bahwa merokok satu batang setelah makan setara dengan merokok 10 batang pada waktu yang lain. Artinya kerusakan dan penyakit yang diakibatkan oleh satu batang rokok setelah maka sama dengan kerusakan dan penyakit yang diakibatkan oleh 10 batang rokok.

Mengemudikan Kendaraan
Rawan terjadi kecelakaan jika sehabis makan kemudian mengemudikan kendaraan. Ini dikarenakan sehabis makan lambung dan usus membutuhkan sejumlah besar darah dalam mencerna makanan, yang mengakibatkan organ otak besar kekurangan darah untuk sementara waktu, dengan demikian hal ini dapat mnyebabkan kesalahan operasional dalam berkendaraan.

Minum Es
Banyak orang yang memilih es sebagai dessert. Padahal,es dapat membuat sari-sari makanan menggumpal. Kalau sudah begini, usus jadi susah untuk menyerap sari-sari makanan. Butuh waktu setidaknya 30 hingga 60 menit untukminum atau makan es setelah makan.

Melonggarkan Ikat Pinggang atau Celana
Saat kenyang, kadang kita suka melonggarkan celana dengan cara membuka ikat pinggang atau membuka kancing celana. Tapi tahukah Anda, ini justru membuat lambung dapat turun dan usus terbelit. Karena, tekanan pada perut turun secara tiba-tiba saat usus dan lambung sedang bekerja.

Mandi
Langsung mandi setelah makan akan menyebabkan mengalirnya darah ke penghujung tubuh, yaitu ke ujung-ujung tangan dan kaki. Akibatnya jumlah darah yang mengalir di sekitar lambung menjadi sedikit. Hal ini menyebabkan lemahnya proses pencernaan.

Langsung Tidur
Sesungguhnya langsung tidur setelah makan akan menyebabkan tidak sempurnanya proses pencernaan yang akan menyebabkan kerusakan lambung atau radang lambung.

Yuk jauhi aktivitas diatas agar kita terhindar dari masalah kesehatan.

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)