Jangan Terburu-Buru Minum Obat Ketika Terserang Flu!

30 Januari 2014 Artikel Kesehatan


Di musim hujan seperti ini, ragam penyakit seperti flu bisa menyerang dengan mudah terutama pada anak-anak. Ini adalah salah satu infeksi yang menyerang saluran pernafasan. Demam atau suhu badan meninggi adalah gejala umum yang bisa kita temui. Flu yang biasanya diawali dengan demam akan mengganggu aktifitas seseorang. Obat pun dipilih sebagai jalan tercepat untuk meredakan demam sehingga tidak mengganggu aktifitas.

Meskipun obat demam membantu meredakan lelah, nyeri dan gejala-gejala lain akibat flu, hal itu ternyata membawa dampak buruk bagi lingkungan sekitar. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan di McMaster University, penggunaan obat penurun demam akan memperparah penyebaran virus flu kepada lingkungan dan orang terdekat.

"Demam merupakan salah satu sistem daya tahan tubuh untuk menghalau perkembangan virus. Ketika anda menghilangkan demam dengan obat, virus akan berkembang dan menular ke orang lain lebih cepat, ujar Dr. David Earn dari Michael G. DeGroote Institute for Infectious Disease Research.

Dr. Earn yang juga merupakan profesor matematika dari McMasters University, Kanada, menggunakan model matematika untuk menghitung dampak yang dihasilkan oleh hal tersebut. Setelah dihitung, penggunaan obat demam tersebut ternyata meningkatkan kasus influenza di Amerika Utara sebanyak 5 persen.

"Angka tersebut memang terlihat kecil. Namun jika dihitung dengan skala benua, hal itu sama dengan bertambahnya kematian 1.000 orang akibat influenza," lanjutnya.

Untuk mengurangi penggunaan obat untuk menyembuhkan flu, ada baiknya Anda melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Makan makan sehat

Anda bisa memasak sup panas untuk menyegarkan tubuh atau makan makanan yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu menyembuhkan flu serta infeksi yang diderita.

2. Mencuci tangan

Cuci tangan dengan benar menggunakan sabun di antara jari-jari Anda, di bawah kuku, dan bagian atas tangan. Bilas dan keringankan tangan Anda secara menyeluruh untuk menyingkirkan kuman.

3. Sedia payung

Ini bukan hanya cara terbaik terhindar dari hujan, tapi juga sebagai pelindung terhadap penyakit batuk, pilek, atau demam ketika terjebak hujan saat Anda berpergian ke luar rumah.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)