Jangan Sepelekan Manfaat Jalan Kaki

5 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Kesehatan sangat penting bagi kita. Dengan selalu sehat dan bugar setiap saat, maka aktivitas yang kita lakukan tiap hari akan berjalan sesuai harapan. Dengan kondisi yang sehat selalu, maka kita tidak harus pergi ke rumah sakit yang akan menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit pula. Jadi benar sekali kata pepatah, mencegah lebih baik dari mengobati.

Berjalan adalah aktivitas yang banyak diminati oleh banyak orang, karena selain murah dan praktis, jalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Olahraga jalan kaki lebih baik dilakukan di pagi hari, di saat udara masih segar dan bersih dari polusi. Namun banyak di antara kita yang enggan untuk melakukannya dengan alasan mengantuk dan dingin, dan lebih memilih tidur.

Berjalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan anda, karena dengan berjalan kaki anda akan menjadi lebih bugar dan sehat. Berjalan kaki bagi sebagian orang mungkin melelahkan, tetapi bagi kebanyakan orang justru sangat digemari, karena berjalan kaki secara rutin mampu mencegah berbagai macam penyakit berbahaya dalam tubuh kita. Jalan kaki bisa anda lakukan sendiri, tetapi lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman atau keluarga.

Olahraga ini ternyata bukan olahraga yang dipandang sebelah mata loh, aktifitas berjalan kakis secara rutin memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh serta bikin panjang umur.Aktifitas berjalan kaki tidak hanya berguna untuk kebugaran tubuh semata namun juga bisa memperpanjang umur seseorang. Masih belum percaya?

Sebuah survey dilakukan oleh oleh The Ramblers di Inggris dimana penelitian tersebut setidaknya melibatkan 2.000 orang dimana tujuan dari studi tersebut adalah untuk mengetahui intensitas jalan kaki para responden yang erat kaitannya dengan lamanya umur seseorang.Sebanyak seperempat responden mengaku mereka melakukan aktifitas jalan kaki hanya 1 jam dalam seminggu. Sementara dari 43 persen jumlah tersebut melakukan aktifitas jalan kaki selama 2 jam bahkan kurang dalam seminggu. Hampir semua responden atau tepatnya sekitar 93 persen mengaku bahwa jalan kaki merupakan olahraga murah meriah dan ringan serta memberikan efek baik bagi tubuh.

Jalan kaki merupakan salah satu aktifitas yang paling sederhana untuk mengatasi pandemi atau ketidakaktifan seseorang. Bahkan salah seorang dokter yaitu William Bird mengungkapkan bahwa generasi muda dapat berisiko meninggal lebih cepat ketimbang orang tuanya jika malas bergerak, misal jalan kaki.

Banyak manfaat yang anda dapatkan dari olahrga berjalan kaki. Di balik caranya yang mudah dan biaya yang ringan, jalan kaki berperan penting dalam menjaga kesehatan organ-organ vital anda sehingga anda menjadi pribadi yang sehat luar dalam.Di anjurkan untuk anda agar berjalan kaki minimal 3 jam seminggu. Lakukan secara teratur dan rutin,rasakan manfaatnya.
Nah jika ada olahraga murah yang bisa dilakukan oleh siapa pun dan dimana pun, kenapa tidak anda coba saja? Sudah murah, manfaatnya besar pula.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)