Jangan Ragu Angkat Beban, Ini Manfaatnya untuk Wanita

21 November 2019 Artikel Kesehatan


Salah satu persepsi yang keliru dari latihan angkat beban adalah membuat otot menjadi lebih besar seperti binaraga. Manfaat dari latihan angkat beban tidak sekedar hanya membuat otot menjadi lebih besar. Angkat beban seringkali dikaitkan dengan olahraga khusus pria. Selain dianggap berat, olahraga ini juga dapat membentuk dan membesarkan otot, sehingga tubuh terlihat kekar. Padahal, wanita juga dapat melakukan olahraga ini. Selain dapat membentuk otot, angkat beban juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti berikut:

Bentuk tubuh ideal
Meski otot memiliki masa yang lebih berat dibandingkan lemak, otot tidak membuat tubuh jadi membesar. Anda pun bisa tetap percaya diri mengenakan pakaian yang Anda sukai.

Mengencangkan tubuh
Olahraga kardio sebenarnya sudah cukup untuk membakar lemak. Namun, angkat beban, dapat membentuk tubuh Anda menjadi lebih berisi dan kencang.

Membakar lemak
Setiap Anda melakukan olahraga angkat beban seberat 2 kilogram, maka akan membakar sebanyak 30 kalori. Selain itu, dapat membentuk otot tubuh sehingga tubuh terlihat kencang. Bahkan, pembakaran lemak juga akan terus terjadi, meski Anda mengangkat beban dalam posisi duduk.

Memperbaiki sisitem metabolisme
Seiring bertambahnya usia, wanita perlahan akan kehilangan masa otot. Penurunan masa otot ini dapat memperlambat metabolisme tubuh wanita, sehingga lemak akan lebih mudah menumpuk. Nah, latihan angkat beban dapat mengaktifkan kembali metabolisme dan dapat membakar lemak, meski latihan sudah selesai.

Memperkuat tulang
Mengangkat beban dapat menjaga kekuatan tulang lebih lama, meski usia semakin bertambah. Hal ini disebabkan, otot yang terbentuk dengan baik akan membuat keseimbangan dan kekuatan tubuh, sehingga dapat mengurangi terjadinya risiko retak tulang.

Mengurangi risiko diabetes & penyakit jantung
Otot dapat membantu menghilangkan glukosa dan trigliserida dari dalam aliran darah, sehingga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan aterosklerosis (pengerasan arteri). Tidak hanya itu, angkat beban juga sanggup menurunkan tekanan darah hingga 10-12 jam.

Jadi, kenapa harus ragu melakukan angkat beban saat olahraga?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)