Jangan Mengeringkan Pakaian di dalam Rumah!

14 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Pada musim penghujan saat ini, terkadang pekerjaan mencuci menjadi menyulitkan. Dikarenakan pakaian yang sulit dikeringkan bila hujan turun terus - menerus. Dengan keadaan tersebut, menjemur pakaian di dalam rumah menjadi pilihan. Jadi, tidak perlu repot - repot untuk bolak - balik mengambil jemuran saat hujan mulai turun.

Namun ternyata, penelitian yang dilakukan dari Mackintosh School of Architecture di Glasgow, Skotlandia mengungkapkan bahwa mengeringkan pakaian di dalam ruangan akan meningkatkan kelembapan udara sampai 30%. Hal ini dapat memicu berbagai penyakit seperti penyakit asma dan menurunkan kekebalan tubuh.

Pada kelembapan udara yang meningkat tersebut merupakan kondisi yang ideal bagi jamur dan kuman untuk berkembang biak.

"Cucian yang basah mengandung hampir 2 kilogram liter air yang dilepaskan ke dalam ruangan dalam bentuk uap. Jika sistem kekebalan tubuh Anda baik, maka hal ini tidak menjadi masalah. Namun ketika tubuh Anda sedang tidak fit, maka bakteri dari uap ini akan masuk ke dalam tubuh dan menghasilkan gangguan pernapasan yang mampu berujung asma karena kontaminasi spora Aspergillus fumigatus," jelas Professor David Denning, peneliti dari National Aspergillosis Centre di Manchester.

Menghirup udara di dalam ruangan yang memiliki jamur bisa mendatangkan dua efek, yaitu infeksi pada orang yang memiliki sistem imun lemah serta reaksi alergi terutama asma. Gejala-gejala alergi jamur bisa berupa batuk, rasa lelah, iritasi mata, iritasi kulit , sakit kepala , ataupun rasa mual.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)