Jangan Lakukan Saat Tidur

21 Januari 2010 Artikel Kesehatan


KOMPAS.com - Ada beberapa benda yang sebaiknya Anda lepas saat akan tidur. Apa sajakah itu?

1. Memakai arloji
Jam tangan dapat memancarkan radioaktif dalam kadar tertentu. Meskipun tergolong kecil, jika Anda memakai arloji sambil tidur dalam waktu lama, bisa saja ini menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

2. Mengenakan BH
Menurut penemuan para ilmuwan di Amerika, memakai BH (bustehouder) atau bra lebih dari 12 jam sehiri, memilik risiko lebih besar untuk terkena kanker payudara. So, lepaskanlah.

3. Memakai riasan
Bila sering tertidur selagi menggunakan make-up bisa mengalami masalah kulit. Ini karena kulit kesulitan bernapas dan mengeluarkan keringat. Jadi, bebaskan kulit Anda agar selalu cantik.

4. Membawa ponsel
Menaruh telepon selular di dekat tempat tidur, apalagi di sisi bantal, sangat tidak dianjurkan. Banyak dari kita memanfaatkan alarm dalam ponsel untuk bisa bangun pagi, tapi letakkan sejauh mungkin.

Para ilmuwan menemukan bahwa perangkat elektrik, termasuk handphone dan televisi, memancarkan gelombang magnetik ketika digunakan. Gelombang ini dapat mengganggu sistem saraf kita. Itu sebabnya biarkan ponsel jauh dari kita di malam hari, atau matikan saja.

sumber: kesehatan.kompas.com