Jangan Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur

21 April 2019 Artikel Kesehatan


Mengakhiri aktifitas seharian, mayoritas orang-orang akan memilih untuk beristirahat dan tidur. Tidak jarang, banyak hal yang dilakukan sebelum tidur justru membuat Anda tidak bisa menutup mata. Mendapatkan tidur malam yang cukup sangat penting untuk membangun suasana hati dan juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun semua itu juga tergantung pada apa yang Anda lakukan sebelum Anda tidur, apa yang Anda makan dan minum, dan bagaimana keadaan emosi Anda sebelum merangkak ke tempat tidur. Agar tidur malam Anda terasa lebih nyaman, jangan lakukan hal ini sebelum tidur.

Minum obat-obatan tertentu

Beberapa obat mungkin bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Obat antidepresan misalnya, dapat memiliki efek yang kuat pada tubuh, dan beberapa obat nyeri dapat membuat perut terasa tidak nyaman sehingga membuat Anda lebih sulit untuk tidur.

Jangan main smartphone

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone atau menonton televisi sebelum tidur dapat mengganggu tidur. Anda sangat disarankan untuk menghindari teknologi apa pun setidaknya satu jam sebelum tidur.

Minum kopi

Secangkir kopi mengandung 80-120 miligram kafein per cangkir, dan Anda harus menghindari itu sebelum tidur. Pasalnya, kafein dapat bertahan di tubuh sampai 12 jam, sehingga itu akan membuat tubuh tetap terjaga.

Makan cokelat

Sumber kafein yang lain adalah cokelat, terutama dark chocolate karena memiliki kandungan kakao sangat tinggi. Cokelat mengandung theobromine yang bertugas sebagai stimulan, yang telah terbukti dapat meningkatkan denyut jantung dan bisa membuat Anda sulit tidur.

Minum teh

Meski Anda telah menghindari kopi, Anda mungkin tidak berhati-hati pada sumber kafein yang lain, yakni teh. Beberapa teh herbal seperti kamomil atau peppermint mungkin bebas kafein, namun teh hitam, hijau, dan putih mengandung banyak stimulan.

Tidak menenangkan pikiran

Setidaknya 30 menit sebelum tidur, Anda harus berusaha untuk menyingkirkan apa pun yang dapat mengganggu pikiran Anda. Sebaliknya, fokus pada kegiatan yang membuat Anda merasa lebih santai, seperti membaca komik, novel, dll.

Tidur adalah aktivitas yang sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh Anda tetap berfungsi dengan baik. Oleh karena itu jangan melakukan hal-hal di atas yang pada akhirnya akan mengganggu kualitas tidur Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)