Jangan Konsumsi Roti Terlalu Sering!

6 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Rasanya roti sudah menjadi teman makan kita. Banyak orang memilih roti sebagai menu sarapan mereka. Ada juga yang mengkonsumsi roti sebagai pengganti nasi. Rasa roti yang beraneka ragam membuatnya disukai sebagian besar orang. Namun, bukan berarti makan roti menyehatkan.

Para ahli mengungkapkan mengkonsumsi roti terlalu sering tidak baik untuk kesehatan. Ini dia alasannya:

Mengandung banyak garam

Kebanyakan roti, terutama roti olahan di supermarket, mengandung banyak garam dan sodium. Jika Anda mengurangi konsumsi roti, maka jumlah natrium dalam tubuh akan berkurang secara signifikan. Meski begitu, menyantap satu atau dua roti tidaklah menjadi masalah yang berbahaya.

Nutrisi sedikit

Tidak seperti makanan lain, roti, terutama roti putih, tidak mengandung nutrisi. Saat mengkonsumsi roti putih, Anda tidak mendapatkan serat dan khasiat dari biji - bijian. Berbeda dengan roti gandum yang masih memiliki kandungan biji - bijian. Maka dari itu, disarankan untuk memilih roti yang terbuat dari biji - bijian agar mendapat nutrisi yang baik.

Tidak membuat kenyang

Pernahkah Anda makan roti namun tidak merasa kenyang? Hal itu terjadi karena kurangnya kandungan nutrisi dalam roti. Untuk mengakalinya, ketika mengkonsumsi roti tawar bisa ditambahkan selada, tomat, timun, dan irisan daging.

Memicu bertambah berat badan

Kandungan karbohidrat, garam, gula halus, dan pengawet di dalam roti dapat membuat berat badan Anda bertambah. Sesekali makan roti tentu tak masalah, namun pilih jenis roti yang lebih sehat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)