Jangan Keramas Setiap Hari!

27 Mei 2014 Artikel Kesehatan


Ada yang bilang, mencuci rambut setiap hari itu kurang baik bagi rambut. Dapat menyebabkan aneka problem rambut yang mengganggu penampilan. Benarkah pernyataan tersebut?

Di siang hari setelah beraktivitas keringat keluar dari berbagai bagian tubuh termasuk kulit kepala. Meninggalkan rasa tidak nyaman, lengket dan gerah yang akhirnya membuat Anda ingin selalu berkeramas setiap hari. Sebenarnya tidak ada masalah yang serius bila Anda rajin mencuci rambut setiap harinya. Selama Anda tahu cara yang tepat dan mana produk yang tepat, maka kesehatan rambut dan kecantikan tetap terjaga.

Karena terlalu sering mencuci rambut dengan sampo justru menghilangkan minyak rambut alami, yaitu sebum, sehingga kulit kepala akan mulai memproduksi sebum berlebihan untuk menebus kekurangan. Akibatnya, terjadilah siklus kebutuhan berkeramas akibat rambut terlalu berminyak. Bila siklus dihentikan, kulit kepala akan kembali memproduksi minyak berlebihan. Butuh waktu transisi sekitar enam minggu untuk membiasakan kulit kepala memproduksi sebum yang lebih rendah.

Sebaiknya untuk mencuci rambut sehari-hari perlu diperhatikan pemakaian shamponya. Formula yang terlalu keras pada shampo dapat menghilangkan minyak esensial di kulit kepala dan pengeringan hingga iritasi. Apabila jenis rambut Anda normal hingga kering, keramas tiga kali dalam seminggu saja sudah cukup. Namun, bila jenis rambut Anda berminyak atau kombinasi, keramas setiap hari dengan formula shampo ringan adalah solusinya.

Apabila Anda memiliki masalah ketombe, kenali terlebih dahulu ketombe jenis apakah itu. Ketombe ada dua jenis yaitu ketombe berminyak dan ketombe kering. Ketombe berminyak sangat berbahaya dan dapat menggerogoti pigmen rambut. Sedangkan ketombe kering akan jatuh, rontok dan mengotori bahu serta baju. Masalah ketombe atasi dengan pemakaian shampo berformula ringan agar tidak terjadi iritasi. Gunakan perawatan jeruk nipis atau minyak zaitun serta perbanyak konsumsi sayuran hijau.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)