Jangan Cabuti Uban, Gunakan Cara Alami!

12 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Di usia yang sudah menua, pasti akan tumbuh rambut - rambut putih di kepala. Rabut putih yang kerap kita sebut uban tentu sangat mengganggu penampilan, khususnya bagi wanita. Selain orang tua, anak - anak muda tidak jarang juga mempunyai uban. Hal tersebut bisa dikarenakan faktor genetic, kurang asupan protein, dan juga stress.

Banyak orang yang memakai cara yang cepat untuk menghilangkan uban, seperti mencabutnya dan memakai pewarna rambut, atau yang biasa disebut semir. Tapi cara tersebut bukanlah cara yang tepat untuk menghilang uban. Mencabut uban bukanlah cara efektif sebab kulit kepala penuh dengan sistem syarat. Memilih cat rambut juga harus cermat sebab kecocokan kulit kepala dengan cat berbeda - beda. Kalau sampai salah memilih, bisa - bisa uban malah bertambah banyak.

Untuk itu disarankan untuk menggunakan cara yang alami. Berikut ini cara alami untuk hilangkan uban:

1. Kemiri

Kemiri mengandung minyak yang sangat baik untuk rambut. Maka dari itu bahan masak ini dapat menghilangkan uban. Cukup tumbuk kemiri hingga minyaknya keluar, lalu usap minyak pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

2. Teh

Menghilangkan uban juga bisa menggunakan teh, baik yang diseduh maupun ampasnya. Cara pemakaian kedua bahan tersebut sama. Diamkan teh atau ampas teh selama 24 jam. Pijat rambut dengan teh tersebut dan diamkan selama 1 jam. Bilas dengan bersih.

3. Daun rambutan

Tak banyak orang tahu bahwa selain buahnya, daun rambutan juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Daun rambutan dapat menghilangkan uban sekaligus membuat rambut yang tumbuh berwarna hitam. Blender beberapa lembar daun hingga lembut. Saring daun yang sudah diblender dan ambil airnya. Olesi pada rambut dan pijatkan selama 15 menit. Bilas rambut sampai bersih.

4. Putih telur

Telur yang digunakan untuk menghilangkan uban adalah telur ayam kampung. Caranya, pisahkan kuning dan putih telur. Campurkan putih telur dengan setengah gelas air hangat dan setengah sendok teh garam. Gunakan campuran bahan tersebut untuk masker rambut dan pijat rambut. Diamkan selama 2 jam lalu bilas sampai bersih.

5. Yogurt

Selain untuk melancarkan pencernaan, yogurt juga baik untuk menghilangkan uban pada rambut. Caranya, gunakan yogurt tanpa rasa untuk masker rambut. Campurkan lada hitam dan bubuk kopi. Setelah dicampur, oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 1 jam. Bilas sampai bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah secara rutin.

Selamat mencoba!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)