Jangan Biarkan Anak Bermain Genangan Banjir!

26 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Ketika banjir tiba, terkadang kondisi tersebut dimanfaatkan anak-anak untuk bermain air. Apalagi, mereka terkadang berenang di air yang kotor. Padahal, air banjir bisa menjadi anncaman penyakit-penyakit seperti leptospirosis dan diare perlu diwaspadai.

Maka dari itu, para orang tua dihimbau untuk melarang putra-putrinya untuk bermain air banjir apalagi sampai berenang.

"Air banjir biasanya kotor dan mengandung banyak kuman. Ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut atau diare. Selain itu kondisi basah dan dingin dapat membuat anak rentan terkena penyakit." tutur dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Tidak kalah pentingnya, penyakit kulit seperti eksem dan kutu air juga harus diantisipasi. "Ada dua penyakit kulit yang bisa muncul saat banjir. Penyakit alergi atau dermatitis kontak, dan penyakit infeksi. Salah satunya kutu air," kata dr Laksmi Duarsa, SpKK dari D&I Skin Centre Denpasar.

Dermatitis kontak dikenal dengan istilah eksim atau eksema. Penyakit ini ditandai dengan gatal-gatal, merupakan reaksi radang akibat terjadinya kontak dengan bahan kimia tertentu. Sedangkan penyakit infeksi memiliki berbagai macam penyebab, salah satunya jamur. Penyakit yang dikenal dengan nama kutu air ini pada dasarnya merupakan infeksi jamur dan tidak berhubungan dengan kutu.

Agar terhindar dari penyakit kulit tersebut, segera bersihkan kulit yang terkena kontak air banjir dengan sabun. Sebab penyakit kulis yang menyerang anak saat banjir bermacam - macam, bisa karena bakteri yang menyebabkan gatal - gatal, bisa juga karena alergi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)