Jamur Ling Zhi, Obat Bangsawan dengan Seribu Khasiat

27 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Sayuran, khususnya jamur memiliki khasiat yang beragam. Beda jenis jamur, beda pula khasiat yang didapatkan. Contohnya jamur Ling Zhi. Mungkin masih sedikit orang yang tahu jenis jamur ini. Menurut hasil berbagai penelitian, jamur ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengobati penyakit, seperti anti - HIV.

Menurut sejarah di Cina, jamur ling zhi ditemukan pertama kali oleh seorang petani bernama Shen Nong. Saking langkanya, pada zaman Dinasti Shu atau sekitar 2400 tahun yang lalu, jamur ini hanya dikonsumsi oleh para bangsawan dan maharaja di Cina.

Pada tahun 1971, Yukio Naoi, seorang peneliti dari Universitas Kyoto, Jepang, mulai bereksperiment untuk dapat membudidayakan ling zhi. Dan akhirnya ia berhasil menemukan cara menumbuhkan jamur ini menggunakan limbah pertanian dan kayu - kayu yang lapuk.

Jamur ling zhi banyak tumbuh pada kayu lapuk atau pohon tumbang. Di Indonesia, jamur ini umumnya berwarna cokelat tua. Jamur ini dikenal dengan rasanya yang pahit, pedas, dan hangat sehingga kurang cocok untuk dijadikan menu masakan.

Khasiat jamur ling zhi untuk kesehatan sangat banyak. Hal ini dikarenakan jamur ini mengandung gizi yang banyak, yaitu karbohidrat 43 %, protein (26, 4), lemak (4, 5), fosfor (4, 15), kalium (3, 59), magnesium (, 03), kalsium (832), natrium (735), zat besi (82, 6), niacin (61, 9), vit. B1 (3, 49), b2 (17,), b6 (0, 71), abu (19), serta air (6, 9).

Jamur ling zhi juga memilki banyak senyawa yang berguna sebagai anti kanker dan tumor, anti hipertensi, anti oksidan, anti alergi, anti diabetes, anti hepatitis, dan menyembuhkan liver dan ginjal. Selain itu, jamur ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asma, maag, jantung, asam urat, kelenjar getah bening, penyakit gula, dan migrain. Jamur ling zhi juga diketahui mampu menghambat perkembangan virus HIV.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)