Jagalah Hati dengan Makanan Ini

30 November 2017 Artikel Kesehatan


Hati adalah salah satu organ tubuh yang mempunyai peran sangat penting untuk kesehatan. Tanpa hati yang berfungsi secara sempurna maka racun yang ada dalam tubuh tidak akan bisa dengan sempurna disaring dan dibersihkan. Tak hanya itu, hati juga bertanggung jawab terhadap produksi cairan empedu yang diperlukan untuk pemecahan dan asimilasi lemak serta protein dari makanan Anda.

Namun, ketika hati terlalu banyak bekerja karena stres dan racun yang berlebih, maka seluruh sistem bisa kehilangan keseimbangan dan kesehatan tubuh tentunya akan terancam. Oleh sebab itu, kesehatan hati harus diperlihara dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat ini:

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung, dan katuk mengandung senyawa pembersihan yang dapat menetralisasi logam berat yang merupakan salah satu senyawa yang sangat sulit dibersihkan oleh hati. Selain dapat membersihkan logam berat dari hati, sayuran hijau juga dapat menghilangkan pestisida dan herbisida dari tubuh yang akhirnya dapat memacu aliran pembersihan empedu.

2. Jeruk
Sama halnya seperti bawang putih, jeruk kaya akan vitamin C alami dan antioksidan yang berfungsi sebagai pembersih hati yang kuat. Tak hanya itu, jeruk juga mengandung senyawa yang mampu meningkatkan enzim detoksifikasi hati. Buah menyegarkan ini juga mengandung senyawa flavonoid yang dikenal sebagai naringenin yang membantu hati dalam memecah lemak.

3. Teh hijau
Teh hijau mengadung catechin yaitu jenis antioksidan dan tanaman yang dapat menghilangkan akumulasi lemak dalam hati dan mampu meningkatkan fungsi hati. Bahkan, teh hijau juga dapat melindungi hati dari ancaman racun yang menyebabkan kerusakan serius.

4. Alpukat
Alpukat mengandung glutathione yang dapat meningkatkan kesehatan hati dengan melindunginya terhadap racun yang terlalu tinggi dan mampu meningkatkan daya pembersihnya. Bahkan, beberapa pakar ahli juga menujukkan bahwa makan satu atau dua buah alpukat setiap minggu dipercaya dapat memperbaiki hati yang rusak selama satu bulan ke depan.

Mulailah untuk mengimbangi gaya hidup Anda dengan menerapkan pola makanan sehat dan rutin berolahraga agar metabolisme Anda tetap lancar serta kesehatan hati Anda juga tetap terjaga.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)