Jaga Daya Pandang Anda dengan Langkah Ini

5 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Sebagai organ yang berfungsi untuk membantu kita memahami dunia secara visual, mata menjadi organ yang penting diperhatikan kesehatannya dan dipenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebab jika tidak, penurunan daya pandang dan beragam masalah penglihatan lainnya sangat dimungkinkan terjadi, terlebih di zaman digital seperti sekarang ini, di mana mata semakin intens mendapat paparan cahaya dari layar komputer, laptop, hingga gadget. Tidak hanya dipenuhi kebutuhan nutrisinya, perlindungan terhadap mata juga penting diperhatikan demi menjaga daya pandang mata tetap prima.

Nah, untuk itu kesekolah.com akan memberikan hal yang bisa dilakukan untuk menjaga daya pandang mata tetap prima:

1. Konsumsi Wortel secara Rutin
Sayuran berbentuk memanjang dan identik dengan warna oranye yang cerah ini memang sudah lama dipercaya sebagai salah satu sayuran yang wajib dikonsumsi mereka yang menginginkan daya pandang yang baik hingga tua kelak, sebab kaya akan kandungan yang siap menutrisi mata dan menjaga daya pandangnya. Beberapa nutrisi penting untuk mata yang terkandung dalam sayuran ini antara lain betakaroten, vitamin C, vitamin E, mineral, serta zat besi. Penelitian mengungkap, nutrisi-nutrisi ini akan secara efektif memperlambat terjadinya degenerasi makula pada mata.

2. Konsumsi Makanan Kaya Lutein
Lutein dan zeaxanthin juga menjadi nutrisi yang perlu dipenuhi demi menjaga mata tetap sehat. Lutein dan Zeaxanthin bisa ditemukan pada sayuran hijau semisal bayam dan kangkung.

3. Konsumsi Makanan Kaya Omega-3
Selain baik untuk tumbuh kembang dan regenerasi sel-sel otak serta mencegah terjadinya demensia, omega-3 juga ternyata mengandung kebaikan ekstra untuk mata. Asam lemak yang banyak ditemukan pada ikan laut ini diketahui mampu mengurangi kekeringan pada mata, menjaga lapisan pelindung mata, hingga menurunkan risiko terjadinya katarak.

4. Konsumsi antioksidan
Makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah berry, jeruk, atau ceri dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dari lingkungan. Radikal bebas dari lingkungan didapat dari polusi dan radikal bebas. Radikal bebas dapat mempercepat pengerasan lensa mata serta katarak dan degenerasi makular.

5. Lindungi dari Paparan Langsung Sinar UV
Tidak hanya berbahaya bagi rambut dan kulit, paparan sinar UV yang terlalu sering juga memiliki efek buruk terhadap kesehatan mata. Sinar UV diketahui menjadi salah satu faktor yang bisa memicu terjadinya pengerasan lensa mata, katarak, hingga degenerasi makula mata.

Tetap berikan mata Anda untuk beristirahat karna itu sangat penting bagi kesehatan pada mata. Dan jangan terlalu memaksa mata untuk bekerja jika sudah merasa sakit atau lelah. Semoga Bermanfaat

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)