Intip 5 Khasiat dari Buah Rambutan bagi Kesehatan

19 November 2019 Artikel Kesehatan


Siapa yang tidak mengenal buah kecil yang manis dan kaya manfaat ini. Rambutan merupakan buah jenis musiman yang hanya dapat dipanen saat bulan-bulan tertentu saja. Di musim penghujan seperti sekarang ini, buah rambutan dapat mudah Anda temui di toko buah atau pedagang rambutan musiman di pinggir jalan. Namun, tahukah Anda manfaat kesehatan yang diperoleh dari buah rambutan? Dan yang uniknya, bukan pada buahnya saja namun juga kayu, biji, dan juga kulit buahnya bermanfaat bagi kesehatan lho!

Mengobati sariawan

Rambutan juga terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Sehingga buah ini mampu mengobati sariawan. Cara mengobatinya sangat mudah, caranya ambil beberapa kayu rambutan lalu cuci hingga bersih lalu rebus dan tambahkan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Lalu kumurkan ramuan tersebut sebelum tidur.

Mencegah Kanker

Asam Gallic yang terkandung didalam buah rambutan dapat menghancurkan berbagai radikal bebas yang berada didalam tubuh yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit kanker.

Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan tembaga didalam buah rambutan bermanfaat besar dalam pembuatan sel darah putih. Sel darah putih inilah yang bertugas melawan berbagai virus, kuman serta bakteri yang membahayakan tubuh anda.

Mencegah kulit kusam

Selain menyehatkan dan menghindari dari berbagai jenis penyakit, rambutan juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan. Cara menjaga kulit agar tidak terlihat kusam dan kasar adalah dengan menghaluskan biji rambutan,lalu dapat dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam makanan yang telah disajikan atau bisa saja Anda memasukkannya. Bukan hanya berfungsi sebagai mempercantik kulit, melainkan juga berfungsi sebagai nutrisi rambut.

Menghitamkan rambut yang tengah beruban

Ketika rambut Anda tengah beruban dan Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Cukup dengan daun rambutan Anda telah menemukan solusinya. Caranya ambil beberapa helai daun rambutan lalu tumbuk sampai halus. Beri tambahan air secukupnya, lalu haluskan setelah itu peras dan saring dengan menggunakan kain kecil. Lakukan perawatan ini setiap hari maka rambut Anda akan terlihat cantik mempesona tanpa uban di kepala.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)