Insomnia Bisa Terjadi Jika Anda Menyepelekan Hal Berikut!

14 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Pernah merasakan tidak bisa tidur saat malam hari? Pasti sebagian orang pernah mengalami gangguan tidur yang mengakibatkan kita tidak tidur dengan waktu yang tepat. Akibatnya, saat kita bangun pagi, badan terasa lemas dan malas untuk beraktivitas. Sebaiknya anda harus berhati-hati dengan gangguan tidur atau biasa dikenal dengan insomnia karena jika dibiarkan, maka hal ini akan berpengaruh pada kesehatan anda.

Ada banyak penyebab orang sulit tidur di malam hari. Tidak selalu karena kelelahan atau terlalu banyak minuman berkafein. Hal-hal yang terbilang sepele saja bisa membuat kualitas tidur terganggu. Mulai dari tirai jendela yang terlalu tipis sampai menonton acara malam yang tidak tepat.

Mungkin tanpa disadari, ada beberapa hal yang kecil namun bisa mengakibatkan anda terkena Insomnia. Apa sajakah hal tersebut? Yuk kita lihat beberapa hal yang sepele namun dapat mengganggu tidur anda.

1. Alarm jam
Terdengar aneh bagi kita karena alarm jam dapat membuat kita bangun tepat waktu. Tapi itu hanya akan membuat lebih sulit tidur, karena memasang alarm akan menggoda Anda untuk selalu mengecek waktu. Hal-hal seperti itu akan membuat Anda lebih sulit relaks dan tertidur. Sebaiknya percayakan pada siklus tidur tubuh Anda. Apabila pola hidup sehat sudah dijalani, otomatis Anda akan mudah tertidur dan bangun dengan tubuh segar di keesokan paginya.

2. Warna cat dinding
Biarpun tidak masuk akal namun warna dinding dapat membuat anda sulit tidur. Dinding kamar berwarna oranye terang atau biru elektrik bukan pilihan tepat jika Anda ingin cepat tidur. Sebaiknya gunakan warna yang lembut, sejuk atau netral yang secara alami menenangkan sistem syaraf. Warna-warna mencolok gunanya untuk membuat Anda semangat dan berenergi. Jadi jika Anda dikelilingi warna merah, oranye, atau warna biru tertentu, Anda akan sulit tidur.

3. Nonton Film yang Mencekam
mungkin ini adalah salah satu penyebab anda menjadi Insomnia. Mungkin ada beberapa orang yang baru bisa tidur sambil nonton TV. Jika itu juga Anda alami, tontonlah film-film bertema mellow dan alur ceritanya lambat seperti melodrama. Hindari film dan serial horror, thriller atau suspense. Menonton sesuatu yang memicu adrenalin lebih dari 30 menit sebelum tidur akan membuat Anda sulit terlelap, meskipun acaranya sudah selesai dan akan terbayang dalam mimpi.

4. Tirai Jendela Terlalu Pendek/Transparan
Jika tirai jendela terlalu pendek atau transparan, cahaya lampu dari luar akan masuk ke kamar tidur dan menyebabkan produksi melatonin dalam tubuh terganggu. Melatonin adalah hormon yang krusial dalam membuat Anda mengantuk dan tertidur. Sebaiknya ganti tirai dengan material yang lebih tebal dan gelap agar cahaya tidak masuk.

5. Cahaya dari Laptop, Smartphone atau Tablet
Sinar dari laptop, smartphone atau tablet akan menghalangi produksi melatonin sehingga membuat Anda terjaga. Jangan nyalakan smartphone, iPad, laptop atau gadget lainnya beberapa jam sebelum tidur. Jika tidak dapat menahan godaan untuk membaca e-book atau cek email, atur cahaya layar di gadget Anda dalam mode redup.

6. Temperatur Ruangan yang Ekstrem
Pilihlah sprei dan selimut dari bahan katun agar terjadi sirkulasi udara dan menjaga suhu tetap nyaman saat tubuh Anda di bawah selimut. Jika ada kecenderungan suhu tubuh Anda suka naik saat tidur, kenakan piyama yang mudah menyerap dan mengeringkan keringat agar terasa tetap sejuk sepanjang malam

Jika suhu ruangan terlalu panas atau dingin, tubuh akan memerintahkan Anda untuk waspada dengan tetap terjaga. Temperatur ruangan yang ideal untuk bisa tidur nyenyak adalah 19 - 24 derajat Celcius. Namun bisa berbeda-beda tergantung tingkat kenyamanan individu.

(Dikutip dari berbagai sumber)