Inilah Tanda Jika Tubuh Terkena Kanker Kelenjar Getah Bening

27 Oktober 2016 Artikel Kesehatan


Tanda atau gejala kanker kelenjar getah bening harus diketahui oleh setiap orang. Sebab, salah gajalanya adalah timbul benjolan. Nah, untuk tahu benjolan itu berbahaya atau tidak Anda perlu mengerti tantang tanda-tanda dari kanker ini. Jangan sampai benjolan tersebut adalah gejalanya tapi karena Anda mengabaikannya jadi tidak mendapatkan pertolongan yang tepat. Dr. Andhika Rachman SpPD-KHOM mengatakan setidaknya terdapat 6 gejala yang bisa mengindikasikan seseorang terserang penyakit ini.

Tetapi, umumnya setiap orang mempunyai gejala yang berbeda tergantung dari kondisi tubuhnya. Oleh sebab itu apabila Anda mendapat beberapa gejala umum dari penyakit ini, harus segara memeriksakan diri ke dokter. Karena jika memang Anda mengalami penyakit kanker kelenjar getah bening atau limfoma, maka pengobatan yang tepat sangat perlu dilakukan. Lalu apa saja gejalanya?

Adanya pembengkakan pada area kelenjar getah bening

Yang paling sering dialami oleh penderitanya yakni timbul pembengkakan kelenjar getah bening. Munculnya benjolan itu biasanya di daerah leher, paha dan ketiak. Walaupun tidak semua benjolan pada leher dan ketiak itu sebagai limfoma, tapi ada beberapa perbedaannya. Apabila terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, benjolan itu terasa tidak sakit saat disentuh dan benjolannya lebih dari satu atau bergerombol.

Mengeluarkan banyak keringat di malam hari

Seseorang akan mengeluarkan keringat apabila suhu udara panas. Tapi, bagi penderita kanker kelenjar getah bening akan berkeringat pada malam hari walaupun suhu ruangan dingin. Sebab, metabolisme dalam tubuh terganggu akibat keberadaan kanker ini. Bukan hanya berkeringat saja, penderitanya juga mengalami meriang di malam hari sampai pagi hari. Selain itu, tubuhnya terasa gatal-gatal tidak nyaman. Jika kamu atau orang sekitarmu mengalami gejala kanker kelenjar getah bening seperti ini segera periksa ke dokter.

Berat badan turun secara drastis

Kalau gejala ini sangat lazim, banyak penyakit menunjukkan gejala berat badan yang menurun. Tapi pada penderita kanker ini berat tubuh akan menurun sekitar 10% dalam waktu 6 bulan. Sehingga, bila berat badanmu menurun tanpa sebab dan dsertai gejala lainnya perlu diwaspadai sebagai gejala penyakit serius.

Mengalami demam

Gejala limfoma yang paling umum yaitu tubuh sering mengalami demam. Demam ini adalah tanda jika tubuh sedang melawan bakteri. Pada kanker ini demam yang ditunjukkan tidak terlalu tinggi suhunya yakni sekitar 37 celcius dan tak lebih dari 38 celcius. Sehingga, banyak yang mengira demam ini terjadi karena penyakit biasa, yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Sering lelah

Tidak hanya penyakit infeksi paru-paru saja yang pasiennya sering lelah dan napas terengah-engah, tapi penyakit ini juga. Dr. Andhika menyebutkan bahwa penderita limfoma akan merasakan tubuhnya sangat lelah, napasnya pendek dan terengah-engah ketika beraktivitas.

Perut kembung, terasa penuh dan sesak

Tanda kanker kelenjar getah bening yang mungkin dialami oleh penderitanya antara lain perut terasa kembung dan sesak. Perut pun terasa sakit atau nyeri, tidak nyaman dan terasa penuh walaupun BAB lancar.

Jadi, apabila gejala kanker kelenjar getah bening ini diketahui, tentu lebih bisa diwaspadai dan dapat menyelamatkan jiwa penderitanya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)