Inilah Penyebab Mengapa Gigi Bisa Goyang?

13 Januari 2016 Artikel Kesehatan   |    Nurul Inayah


Gigi merupakan salah satu anggota di dalam mulut yang mana digunakan untuk mengunyah makanan. Gigi sangat penting untuk menghaluskan makanan agar kerja lambung dan usus tidak berat. Dengan makanan dikunyah di dalam mulut maka akan mempermudah usus menyerap sari-sari makanan dengan maksimal.

Mengapa gigi bisa goyang? Bagi orang dewasa atau anak-anak pastinya mengalami namanya gigi goyang. Jika pada anak-anak gigi goyang menandakan jika gigi akan tanggal, kemudian jika sudah tanggal akan tumbuh gigi baru yang lebih permanen. Namun untuk orang dewasa, gigi goyang bukanlah sesuatu yang mudah untuk ditangani. Pasalnya Anda tidak bisa mencabutnya karena tidak bisa tumbuh kembali, dan juga susah memberi perawatan seperti apa. Kebanyakan orang dewasa yang merasakan hal semacam ini mengabaikan saja karena memang bukan hal yang perlu segera diobati.

Lantas mengapa gigi bisa goyang? Untuk menjawab penasaran Anda berikut merupakan beberapa penyebab goyangnya gigi Anda yakni:
  1. Gigi tidak lagi tidak melekat dengan erat pada tulang. Dengan demikian menyebabkan gigi goyang, namun goyangnya tidak terasa. Jika sudah terasa sangat goyang anda bisa menemui dokter.
  2. Kurang bersih saat membersihkan gigi sehingga banyak makanan terselip yang mengakibatkan karang gigi, hal ini juga menyebabkan gigi bergoyang.
  3. Menderita kencing manis
  4. Adanya trauma yakni saat gigi ada yang diganti atau mungkin terkena tonjokan sehingga goyang.

Beberapa hal diatas merupakan beberapa penyebab gigi goyang. Gigi goyang membuat dilema, pasalnya jika dicabut akan sayang sekali namun jika dibiarkan takutnya akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Anda bisa membawanya ke dokter untuk periksa gigi Anda agar suatu haritidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Dokter pastinya akan memberi solusi terbaik untuk Anda yakni dengan memberikan perawatan-perawatan yang lebih baik dibandingkan jika Anda diamkan saja. Anda bisa memulai membersihkan gigi lebih bersih lagi dan lebih giat lagi agar tidak goyang.

Semoga artikel mengapa gigi bisa goyang? Ini bisa membantu Anda meredakan masalah terkait gigi goyang yang Anda alami.

(Penulis adalah mahasiswa Bahasa Inggris pascasarjana Unhas)
Sumber: http://kesehatangigi.blogspot.co.id