Inilah Pentingnya Sarapan bagi Anak Sekolah

9 Agustus 2016 Artikel Kesehatan


Pernahkah Anda mengetahui bahwa anak sering mengantuk ketika belajar di sekolah? Anak-anak tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran? Tentu saja pernah setelah mendapat informasi dari guru kelas maupun wali kelasnya. Mengapa ini bisa terjadi?

Dari sekian banyak faktor, salah satunya penyebabnya adalah karena kekurangan energi yang dialami oleh anak. Anak tidak sarapan pagi yang cukup untuk menghadapi aktivitas belajarnya. Sebagai orangtua, Anda sudah mengetahui manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah. Hanya saja, kadang-kadang sering lupa mengontrol apakah anak sudah sarapan pagi yang cukup untuk membangun energi tubuhnya menghadapi aktivitas belajar. Sebagai orangtua, bukan mustahil pula kurang peduli dengan sarapan pagi anak. Anda sudah merasa cukup dengan memberikan sejumlah uang jajan kepada anak.

Sarapan merupakan makan pertama di pagi hari. Bagi anak sekolah, sarapan pagi bertujuan untuk memasok energi bagi tubuh sehingga anak sekolah tidak loyo mengikuti pelajaran hari itu. Semangat dan konsentrasi anak tetap terjaga. Jika demikian maka prestasi belajar anak akan optimal. Oleh karena itu, orang tua perlu mengontrol dan membimbing anak untuk membiasakan diri sarapan pagi sebelum berangkat sekolah.

Membiasakan anak agar sarapan pagi sebelum ke sekolah sebenarnya tidak cukup dengan menyuruhnya saja. Karena metode instruksi ini tidak efektif untuk membiasakan anak sarapan pagi. Jadi, salah satu metode yang cukup efektif membiasakan anak sekolah sarapan pagi adalah kebiasaan sarapan bersama anggota keluarga. Dan kebiasaan ini justru dapat menciptakan komunikasi antara orangtua dan anak.

Itulah pentingnya sarapan pagi bagi anak Anda khususnya yang bersekolah. Semoga menjadi sumber inspirasi bagi Anda yang memiliki anak usia sekolah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)