Inilah Manfaatnya Mencuci Tangan bagi Kesehatan

27 September 2017 Artikel Kesehatan


Mencuci tangan merupakan kegiatan ringan dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk melakukannya tapi pada kenyataannya banyak orang yang mengabaikannya, bahkan menggangap remeh kegiatan mencuci tangan sebelum makan atau mengkonsumsi makanan. Padahal kebiasaan mencuci tangan sebelum makan merupakan hal baik yang tentunya perlu menjadi kebiasaan.

Mengapa harus mencuci tangan sebelum makan atau mengkonsumsi makanan? Tangan merupakan sumber penyakit. Mengapa tangan menjadi sumber penyakit? Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering melakukan mobilitas, banyak sekali aktivitas sehari-hari yang selalu menggunakan tangan, dengan banyaknya kegiatan atau aktivitas yang selalu menggunakan tangan, tentu banyak sekali kuman, kotoran dan berbagai bakteri yang menempel pada tangan kita. Oleh karena itu mencuci tangan dengan menggunakan sabun merupakan cara ampuh untuk membersihkan tangan dari segala kotoran dan bakteri yang menempel pada tangan kita. Sehingga ketika tangan kita memegang makanan, tidak ada bakteri yang menempel pada makanan yang akan kita konsumsi.

Jadi, dengan melakukan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, kita sudah menerapkan salah satu pola hidup sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat tentu kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Lalu kapan saja kita harus mencuci tangan? Mencuci tangan sebaiknya dilakukan setelah melakukan aktivitas.

Bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar itu?
1. Basahi tangan dengan air.
2. Gunakanlah sabun.
3. Gosoklah tangan hingga sabun mengeluarkan busa, kemudian bersihkan pergelangan tangan, sela-sela jari dan kuku.
4. Kemudian bilas dengan air bersih, sebaiknya menggunakan air yang mengalir.
5. Keringkan tangan dengan tisu ataupun sapu tangan.

Mencuci tangan memanglah merupakan hal yang simpel dilakukan namun kita seringkali mengabaikannya dan malas melakukannya padahal mencuci tangan memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan kita.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)