Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang di Ketahui

19 Februari 2016 Artikel Kesehatan


Kumis kucing atau Orthosiphon Stamineus adalah tanaman apotek hidup yang bentuknya sangat mirip dengan kumis kucing. Meskipun bentuknya seperti kumis kucing, namun manfaat kumis kucing tidak diragukan lagi. Tanaman kumis kucing memiliki berbagai macam kandungan untuk mengobati penyakit, kandungan yang terdapat dalam kumis kucing diantaranya adalah glikosida orthosiphonin yang bermanfaat untuk melarutkan fosfor dan asam urat dalam tubuh kita, khususnya dibagian empedu dan kandung kemih. Namun yang harus diperhatikan adalah ketika Anda menggunakan kumis kucing sebagai obat, Anda tidak boleh mengkonsumsi daging kambing dan makanan pedas.

Berikut bebarapa manfaat kumis kucing untuk kesehatan dan cara pemakaiannya.
1. Obat Masuk Angin

Cara mengobati masuk angin dengan menggunakan tanaman kumis kucing adalah dengan menyiapkan segenggam daun kumis kucing yang masih segar dan direbus hingga ramuan herbal kumis kucing matang. Setelah itu minumlah obat herbal kumis kucing selagi hangat.

2. Mengobati Edema (bengkak)
Kumis kucing bisa digunakan untuk mengobati penyakit bengkak. Cara pemakaian kumis kucing untuk obat bengkak adalah sebagai berikut. Siapkan segenggam daun kumis kucing dan daun meniran, kemudian campuran herbal tersebut direbus hingga matang. Setelah itu minumlah ramuan kumis kucing untuk mengurangi bengkak pada bagian tubuh Anda.

3. Mengobati Sakit Pinggang
Salah satu fungsi kumis kucing adalah untuk mengobati sakit pinggang. Untuk Anda yang sering mengalami sakit pinggang bisa memanfaatkan kumis kucing sebagai penawar rasa sakit. Cara pemakaian tanaman kumis kucing untuk obat adalah dengan meyiapkan segenggam daun kumis kucing dan akar tanaman kumis kucing. Lalu rebus kedua bahan herbal tersebut sampai mendidih. Setelah itu diamkan air rebusan tanaman kumis kucing selama semalam, setelah itu Anda baru bisa meminum ramuan tanaman kumis kucing.

4. Mengobati kencing batu
Manfaat kumis kucing untuk mengobati kencing batu atau batu ginjal sudah diakui masyarakat sebagai obat herbal yang sangat efektif, cara pemakaian kumis kucing untuk mengobati kencing batu adalah dengan menyiapkan 3 genggam daun kumis kucing dan daun keji beling. Kedua dedaunan tersebut dicuci bersih dan direbus dengan sedikit tambahan gula merah. Setelah air daun kumis kucing matang, tunggulah sampai hangat. Dan minumlah obat herbal kumis kucing 2 kali sehari selama 10 hari atau lebih.

5. Mengatasi Nyeri Buang Air Kencing
Apabila Anda merasakan nyeri saat buang air kencing, Anda bisa menggunakan kumis kucing sebagai obat. Cara pemakaian kumis kucing untuk mengobati rasa nyeri adalah dengan menyiapkan segenggam daun kumis kucing dan dikeringkan hingga daun kumis kucing menyerupai daun teh kering. Setelah kering, seduh daun kumis kucing dengan gula aren sebagai pemanis, minumlah teh kumis kucing saat masih hangat.

Demikianlah manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)