Inilah Manfaat Memotong Kuku Secara Rutin

16 Desember 2018 Artikel Kesehatan


Semua orang pasti suka yang namanya memotong kuku, baik itu kuku tangan maupun kaki. Apalagi jika sudah terlalu panjang bisa membuat kita tidak nyaman dalam berpenampilan. Namun, sedikit orang yang tahu kalau kebiasaan memotong kuku tersebut menyimpan manfaat yang besar untuk kesehatan. Apa sih manfaat memotong kuku secara rutin?

Mencegah infeksi bakteri
Merawat kuku sangatlah penting jika Anda tidak ingin mengalami infeksi. Jika Anda sering memakai sepatu maka kuku akan mulai ditumbuhi oleh bakteri karena saat itu bagian kaki tidak bisa bernapas, ditambah lagi dengan adanya keringat. Untuk menghilangkan bau kaki, coba rajin-rajinlah memotong kuku agar bakteri yang ada pada sela-sela jari kaki ikut hilang bersama kuku yang dipotong.

Jauh dari jamur
Kuku yang cantik bisa memberikan kesan baik tentang kebersihan. Jika Anda tidak memotong kuku secara rutin maka ada kemungkinan Anda akan mengalami infeksi yang disebabkan oleh jamur, misalnya kutu air atau ruam merah yang gatal. Ini biasanya terjadi di antara jari kaki. Bahkan lebih buruk lagi, kukumu akan terlihat berwarna kuning. Apakah Anda ingin mempunyai kuku berwarna kuning?

Mencegah kuku tumbuh ke dalam
Ini adalah kondisi serius yang akan dialami jika tidak rajin memotong kuku. Kuku yang tumbuh ke dalam atau yang disebut onychocryptosis akan sangat menyakitkan karena bisa melukai kulit Anda, rajin-rajinlah memotong kuku agar tidak ada kuku yang tumbuh menembus kulit. Kondisi ini juga bisa menyebabkan rasa sakit dan bengkak dan kadang-kadang dapat juga berubah menjadi infeksi.

Mencegah cedera
Jika Anda tidak memotong kuku, maka Anda akan meyebabkan banyak cedera, seperti misalnya wajah tidak sengaja tercakar atau misalnya Anda tidak sengaja melukai tangan sendiri yang bisa menyebabkan pendarahan di dalam.

Sangat besar bukan manfaat dari memotong kuku secara rutin, jadi jangan pernah sepelekan kebiasaan yang kecil ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)