Inilah Makanan Terbaik untuk Tumbuh Tinggi

10 Oktober 2018 Artikel Kesehatan


Mempunyai postur tubuh yang tinggi adalah impian banyak orang, seperti halnya profesi model yang membutuhkan postur tubuh tinggi. Di luar faktor genetik, asupan yang tepat saat pertumbuhan membuat postur lebih kuat. Banyak yang mengatakan bahwa tinggi badan dikarenakan oleh faktor genetik atau keturunan. Bila orang tuanya tinggi, maka anaknya cenderung tumbuh tinggi juga. Tetapi ternyata tinggi badan dipengaruhi oleh faktor gizi dan juga makanan. 3 Asupan nutrisi yang memberikan peranan di dalam pertumbuhan badan. Nutrisi tersebut sebagai berikut:

1. Protein

Protein masuk di dalam daftar nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah tinggi badan. Beberapa makanan yang dapat kita pilih yang mengandung protein, diantaranya adalah kacang-kacangan, daging, dan telur.

2. Kalsium

Kalsium mempunyai peranan untuk meregenerasi jaringan yang ada di dalam tubuh. Untuk itulah penting bagi Anda yang ingin menambah tinggi badan dengan asupan kalsium. Selain itu manfaat lain yang di dapat adalah tulang menjadi lebih kuat, karena ketika Anda bertambah tinggi tulang juga harus kuat. Makanan sumber kalsium di dapat dari sayuran berdaun hijau dan produk olahan susu.

3. Vitamin D

Tidak salah jika vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tumbuh tinggi. Vitamin D dapat membantu otot dan tulang agar dapat tumbuh dengan baik. Sumber vitamin D yang alami adalah hanya dengan menghabiskan paling tidak 10 menit di bawah sinar matahari dan sinar matahari ini mampu untuk mengubah kolesterol tinggi menjadi vitamin D. Jika tubuh kekurangan vitamin D, maka pertumbuhan tubuh akan terhambat.

Selain mengasup makanan untuk penambah tinggi badan, jangan lupa untuk memperhatikan waktu istirahat yang cukup yaitu 8 jam sehari. Olahraga yang teratur dengan melakukan peregangan untuk melatih otot agar tetap lentur,olahraga yang dianjurkan untuk menambah tinggi badan, seperti berenang, basket dan skipping.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)