Inilah Makanan Penyebab Gangguan Pencernaan yang Perlu Dihindari

24 Februari 2019 Artikel Kesehatan


Diare, mulas, sembelit, kembung, bowel syndrome dan asam refluks adalah gangguan pencernaan yang umum dialami banyak orang. Kondisi tersebut tentu saja dapat menjadi masalah yang dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Penyebab utama gangguan pencernaan adalah mengonsumsi makanan yang tidak bersih atau pun makanan yang memancing terjadinya masalah pencernaan. Nah, karena itulah cobalah menghindari beberapa jenis makanan berikut ini agar Anda dapat terbebas dari gangguan pencernaan:

Pemanis buatan

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula buatan, seperti permen karet dipercaya dapat menyebabkan terjadinya diare dan kram. Pasalnya, permen karet biasanya dibuat dengan menggunakan kandungan sorbitol. Makan lebih dari 50 gram sorbitol dalam sehari dapat menyebabkan permasalahan pada usus. Hal itu dikarenakan, tubuh manusia tidak dapat mencerna sorbitol.

Makanan yang digoreng

Perlu Anda ketahui bahwa makanan yang digoreng dapat berisiko memicu terjadinya diare. Terlebih lagi makanan yang digoreng dan kaya akan lemak. Oleh karena itu, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih makanan yang dipanggang atau dikukus dan disertai dengan tambahan sayuran dan buah-buahan.

Makanan yang mengandung fruktosa

Sebagian orang memang sulit mencerna makanan manis dengan fruktosa seperti soda, permen, jus buah, atau pastry. Tidak hanya itu, makanan tersebut dapat menyebabkan diare, perut kembung, kram dan gangguan pencernaan lainnya.

Makanan pedas

Makanan pedas memang dapat membuat Anda menjadi lebih bersemangat makan. Namun, beberapa orang justru merasakan gangguan pencernaan dan juga heartburn setelah mengonsumsinya. Bahkan, penelitian juga menyebutkan bahwa makanan yang berbahan dasar cabai dan merica dapat menjadi pemicu terjadinya heartburn.

Makanan berserat

Makanan yang tinggi akan serat memang baik untuk pencernaan. Namun, jika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan berserat tinggi, seperti biji-bijian dan sayuran justru akan membuat Anda mengalami gangguan pencernaan. Sistem pencernaan Anda akan kesulitan untuk menyesuaikan diri sehingga terciptalah gas dan kembung. Jika ingin memasukkan kandungan berserat dalam tubuh Anda, lakukanlah secara bertahap dan secukupnya.

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari jika tidak ingin mendapat masalah pencernaan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)