Inilah Kenapa Pembuluh Darah Harus Bersih?

24 September 2018 Artikel Kesehatan


Jika Anda suka mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi harus berhati-hati. Mengapa, karena hal ini berkaitan erat dengan kelancaran pembuluh darah, terutama pembuluh darah yang menuju jantung. Jika Anda ingin bebas dari penyakit degeneratif, seperti halnya: jantung koroner, hipertensi, stroke, diabetes, dan lain-lain, maka Anda perlu membersihkan pembuluh darah Anda.

Secara umum jika ada terjadi penyempitan di dalam tubuh, maka tekanan darah akan naik. Jika terjadi penyumbatan pada pembuluh darah di arteri koroner jantung, maka Anda terkena penyakit jantung koroner. Sebab jika otot jantung Anda terlalu lama tidak menerima aliran darah, maka akan terjadi kematian sel otot jantung, yang akhirnya dapat menyebabkan gagal jantung atau berakibat pada kematian. Jika terjadi penyumbatan di pembuluh darah arteri di otak. Sel otak tidak akan mendapatkan aliran darah dan akhirnya terjadi kematian sel otak dan hal ini akan menyebabkan penyakit stroke atau kelumpuhan bahkan berujung pada kematian.

Seluruh organ di dalam tubuh kita mempunyai saluran pembuluh darah, sehingga tentu saja dapat tersumbat sewaktu-waktu. Pada dasarnya jika pembuluh darah tersumbat pada organ tersebut dapat dipastikan organ tersebut akan rusak atau tidak berfungsi. Organ yang dapat mengalami penyumbatan, seperti pada paru-paru, liver, usus, dan ginjal.

Pada dasarnya terdapat 4 cara untuk mengobati penyakit pembuluh darah, yaitu:
1. Mengencerkan darah

Hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan aspirin, infra merah, magnet, dan lain-lain.

2. Melebarkan pembuluh darah
Dengan menggunakan nitrat (obat), dan lain-lain. Pengobatan yang dilakukan selama ini (1 dan 2) tidak benar-benar menyembuhkan akan tetapi hanya meredakan gejalanya saja. Akhirnya harus rutin dilakukan selamanya.

3. Operasi (biaya tinggi, resiko juga tinggi)
Operasi yang dapat dilakukan jika telah terjadi penyumbatan pembuluh darah, antara lain: operasi ring jantung, operasi by pass, operasi pengambilan plak dan total biaya bisa mencapai nilai milyaran. Tetapi kelemahan dari operasi ini hanya pembuluh darah besar saja yang dilebarkan atau dilancarkan. Sedangkan pembuluh darah kecil tetap tersumbat karena terlalu kecil untuk dioperasi.

4. Membersihkan pembuluh darah
Ini satu-satunya cara yang dapat menyembuhkan dan mencegah perkembangan penyakit karena menyelesaikan sumber penyebab penyakit yaitu penumpukan lemak dalam pembuluh darah.

Untuk itulah marilah menjaga kesehatan tubuh dengan deteksi dini gejala penyakit jantung, diet yang tepat untuk jantung sehat, melakukan olahraga secara teratur, dan mengatur pola makan dan istirahat yang cukup.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)