Inilah Keistimewaan Konsumsi Buah Pisang Saat Puasa

31 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Saat puasa, konsumsi buah juga jangan dilupakan. Buah seperti Anda ketahui kaya akan nutrisi penting yang membantu menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan manfaat dari buah pisang. Buah yang satu ini sangat baik dan direkomendasikan untuk dikonsumsi saat bulan puasa.

Kandungan gizi yang lengkap pada pisang diantaranya, air, gula alami, protein, serat, Vitamin A, Vitamin B (B1, B2, B6 dan B12), Vitamin C, Vitamin D, dan mineral penting (kalsium, fosfor, zat besi, kalium, magnesium dan seng) menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi pada saat sahur atau berbuka.

Lalu apa saja sih keistimewaan buah pisang saat puasa? Berikut ulasannya.

Mencegah dan mengatasi masalah anemia saat puasa

Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah pisang menjadikan buah berwarna kuning ini mampu mencegah dan mengatasi anemia. Konsumsi pisang saat sahur maupun saat berbuka puasa sangat dianjurkan bagi para penderita anemia.

Baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi

Pisang yang mengandung kalium tinggi akan sangat bagus dikonsumsi bagi para penderita hipertensi selama bulan puasa. Kalium yang tinggi membantu menormalkan tekanan darah dan kandungan serat alaminya membantu mengikat lemak dan meminimalkan pembentukan plak dalam darah sehingga tekanan darah tetap terkontrol dengan baik.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh selama puasa

Kandungan Vitamin A, Vitamin B6 dan Vitamin C dalam buah pisang membantu meningkatkan kekebalan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Sangat baik bagi penderita maag saat puasa

Buah pisang yang mengandung kalium dipercaya baik untuk sistem pencernaan. Daging buahnya yang lembut dapat melapisi dan menebalkan dinding usus dan mukosa lambung sehingga meminimalisir peradangan yang menyebabkan rasa melilit pada penderita maag.

Karena itu jangan segan menyajikan buah pisang dalam sajian berbuka maupun santap saur Anda. Mengingat saat ini banyak makanan olahan khas bulan ramadan dengan menu pisang yaitu kolak ataupun pisang rebus.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)