Inilah Cara Paling Sehat Menyajikan Teh

2 November 2019 Artikel Kesehatan


Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa teh merupakan minuman menyehatkan. Karena dengan mengkonsumsi teh kita dapat menjaga daya tahan tubuh serta terhindar dari segala infeksi penyakit. Adalah zat yang disebut polifenol, zat yang terkandung di dalam teh yang dikenal sebagai antioksidan. Antioksidan ini memberikan perlindungan bagi tubuh dari penuaan dini, kanker serta radikal bebas.

Namun, apabila kurang tepat dalam hal penyajiannya, manfaat-manfaat tersebut akan terbuang sia-sia. Lalu bagaiman cara tepat dalam menyeduh dan menghidangkan teh yang benar agar dapat memberikan manfaatnya secara efektif? Berikut tips singkatnya:

Tidak menambahkan gula

Seringkali Anda meminum teh manis dengan kadar gula yang tinggi. Padahal, teh berfungsi mengurangi kalori, namun krim dan gula yang ditambahkan justru membawa serta kalori. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan gula atau krim dalam penyajian teh Anda dari sekarang.

Tidak langsung meminumnya

Biarkan katekin yang ada di dalam teh keluar dari daun teh, untuk itu biarkan selama 5 menit, barulah teh bisa dinikmati. Anda akan mendapatkan manfaat penuh dari teh yang Anda minum tersebut.

Sajikan dengan air panas, bukan air mendidih

Ada baiknya air mendidih dibiarkan barang sejenak sebelum digunakan untuk menyeduh teh. Air mendidih akan membuat zat antioksidan di dalam teh menjadi rusak, seperti halnya saat menyeduh susu. Suhu terbaik untuk menyeduh teh adalah 60-70C, memang mungkin warna teh tak akan sepekat biasanya. Namun justru antioksidan teh akan lebih efektif bagi tubuh.

Wadah teh

Jangan sembarangan menyeduh teh. Wadah teh setidaknya harus bebas dari zat berbahaya yang nantinya dapat larut dalam air teh. Jadi, pintarlah memilih wadah tempat penyajian teh Anda, misalnya saja teko tanah liat, gelas porselen, kaca atau cangkir stainless steel.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)