Inilah Cara Mencegah Penyakit Meningitis

11 September 2019 Artikel Kesehatan


Meningitis adalah infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Ada dua macam penyakit meningitis, yang pertama disebabkan oleh virus dan yang kedua oleh bakteri. Meningitis yang disebabkan oleh virus ternyata tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Jika Anda berada di tempat umum, ada baiknya lebih berhati-hati karena di sanalah bakteri mudah menyebar. Namun Anda tidak perlu takut atau parno terhadap penyakit ini, karena terdapat beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa mencegahnya.

Berikut cara mencegah penyakit meningitis:
1. Menjaga jarak dengan penderita meningitis

Jika terdapat kerabat atau teman yang terkena meningitis, meskipun Anda ingin atau mungkin ditugaskan untuk merawatnya, Anda sebaiknya tetap berusaha menjaga jarak Anda dengannya. Hal ini karena bakteri meningitis juga terdapat di cairan hidung maupun mulut yang bisa menular ketika penderitanya bersin atau batuk.

2. Jangan menggunakan barang yang sama
Meningitis, terutama yang disebabkan oleh bakteri bisa menular melalui nafas, air liur serta ingus dari orang yang menderita penyakit tersebut. Maka dari itu, hindari kontak fisik dengan orang lain di tempat umum. Selain itu, jangan menggunakan benda-benda, terutama peralatan makan yang sama dengan orang lain. Lebih baik Anda menggunakan peralatan milik Anda sendiri dan pastikan Anda membersihkannya dengan benar.

3. Cuci tangan
Sama halnya dengan bakteri penyebab penyakit flu, bakteri penyebab meningitis juga bisa berpindah ke tangan Anda, kemudian ke mulut. Anda bisa mencegah penyakit meningitis dengan sering mencuci tangan Anda, terutama ketika Anda baru saja dari kamar mandi, memegang uang, berada di tempat yang ramai atau baru saja bersin atau batuk.

4. Jaga kesehatan tubuh
Ketika Anda sakit, sistem imun dalam tubuh Anda akan membentuk suatu pertahanan. Namun sebelum Anda terkena suatu penyakit, Anda sebaiknya memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda tersebut sehingga Anda tidak mudah sakit. Jagalah kekebalan tubuh Anda dengan banyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan makanan berprotein. Anda juga disarankan untuk melakukan olah raga agar tubuh Anda semakin kebal terhadap bakteri penyebab penyakit.

5. Vaksinasi
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa mencegah penyakit meningitis adalah dengan melakukan vaksinasi. Para ahli medis menyarankan Anda untuk mendapat vaksinasi tersebut ketika berusia 11-12 tahun. Namun jika Anda telah melewatinya, Anda sebaiknya melakukannya pada usia 16-21 tahun, karena pada usia-usai ini adalah usia rawan.

Jadi, Lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)