Inilah Cara Benar untuk Menjaga Kulit Wajah

20 Januari 2017 Artikel Kesehatan


Usai bepergian, membersihkan wajah selalu dianjurkan. Akan tetapi, mencuci muka saja tidaklah cukup. Kulit wajah harus benar-benar bersih jika tidak ingin berjerawat. Karena kulit yang terkontaminasi dengan debu dan zat-zat lain akan membuat kulit wajah menjadi bermasalah, seperti halnya kulit kusam dan berjerawat.

Sebelum beraktivitas, wanita pada umumnya terlebih dahulu memoleskan make up pada wajah. Meskipun hanya sekedar bedak tabur yang dipakai secara tipis-tipis atau make up yang terbilang lengkap, make up itu akan menutupi pori-pori wajah dan membuat kulit menjadi sulit untuk bernapas. Oleh karena itu, sebelum dan setelah menggunakan make up sebaiknya mencuci muka terlebih dahulu. Bukan hanya mencuci wajah dengan menggunakan sabun muka, tetapi harus ada yang lain yaitu membersihkan make up dengan cleanser dan toner.

Ada beberapa produk untuk merawat kulit wajah yang seharian tertutup make up. Setelah mencuci muka, gunakan cleanser untuk membersihkan wajah dari make up atau kotoran lain sehingga dapat terangkat dari kulit dan tidak menutupi pori-pori. Selanjutnya gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan menyegarkan karena dapat menambah jumlah kadar air setelah mencuci muka. Pemakaian toner biasanya dihilangkan karena hanya berfungsi untuk menyegarkan saja.

Untuk pengguna krim pagi dan malam, toner berfungsi agar krim kulit bisa diterima dan pH telah sesuai. Setelah itu, perawatan wajah masih harus dilanjutkan dengan penggunaan serum agar kulit tetap terjaga kelembapannya. Gunakan serum sesuai dengan kondisi kulit wajah. Ada serum vitamin C, hidrasi, hingga serum untuk pencerahan kulit. Hal ini bergantung kepada masalah kulit masing-masing orang. Sedangkan pemakaian krim dilakukan setelah penggunaan serum. Sama seperti serum, krim wajah akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi kulit.

Krim untuk wajah berminyak akan membantu mengontrol kadar minyak dan mengeringkan jerawat. Ada juga untuk jenis kulit kering atau krim untuk pigmentasi wajah yang dapat membantu mengatasi flek atau bekas jerawat yang kadang kala terlihat menghitam. Penggunaan krim wajah harus berhati-hati, hal ini khususnya bagi kulit yang belum pernah menggunakan produk krim apapun, sehingga harus membutuhkan sedikit adaptasi. Jangan menggunakan krim terlalu tebal karena kulit masih beradaptasi dan bisa menyebabkan kulit terasa pedih. Setiap orang memang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda. Ada yang mengalami iritasi ringan dengan gejala pedih dan gatal.

Terakhir, ditutup dengan penggunaan sunblock untuk perlindungan terhadap matahari. Tentunya, sunblock hanya digunakan di malam hari saja. Kecuali sunblock tipe tinted yang bisa digunakan sebagai pengganti foundation, bisa dipakai pada waktu malam hari juga. Meskipun tidak harus mengikuti rangkaian perawatan yang panjang tersebut, setidaknya kulit wajah harus dibersihkan dari make up setiap hari.

Mempertahankan kulit agar tampak bersih memang sulit. Diperlukan perawatan yang tepat agar kulit selalu sehat. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Dan memang benar adanya jika menjaga kulit wajah ternyata tidak cukup dengan mencuci muka.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)