Inilah Buah yang Tepat untuk Dikonsumsi Saat Puasa

6 Juni 2016 Artikel Kesehatan


Indonesia sebagai negara yang mayoritas beragama Islam, tentu selalu menyambut datangnya bulan puasa dengan penuh sukacita. Saat puasa, tubuh banyak mengalami kehilangan air dan tenaga. Jika terus dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan tubuh Anda akan mengalami dehidrasi. Tidak ingin demikian, sebaiknya Anda perbanyak mengkonsumsi makanan berserat dan kaya akan vitamin dan mineral yang ada pada buah-buahan untuk mencegah dehidrasi berlebih saat puasa. Apa saja jenis buah-buahan yang tepat untuk dikonsumsi saat puasa?

Kurma

Identik dengan buah saat bulan puasa tiba, buah kurma ini ternyata mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu kandungan yang terpenting bagi tubuh adalah protein, karbohidrat, gula, lemak, magnesium, potassium, dan sodium.

Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi membuat nama buah berwarna dominan orange ini tidak pernah sepi dari peminat. Selain kaya akan vitamin C yang dapat berguna mencegah sariawan, jeruk juga dapat mencegah radikal bebas masuk ke dalam aliran darah. Tidak hanya itu, jeruk juga kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Pisang

Buah yang paling banyak ditemukan di wilayah Indonesia ini sangat banyak mengandung vitamin yang dapat mengurangi asam lambung dan mempertahankan keseimbangan air dalam tubuh.

Semangka

Mengkonsumsi buah yang kaya air ini dapat dengan segera dan otomatis mampu menggantikan fungsi air yang diperlukan oleh tubuh.

Mangga

Buah yang satu ini mempunyai banyak kandungan vitamin di dalamnya, mangga bahkan disarankan untuk dikonsumsi saat puasa. Hal ini karena manfaat mangga juga berperan membersihkan darah dari beragam kotoran yang ada didalam tubuh. Selain itu, buah mangga juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada orang yang berpuasa.

Jadi, selain makan dan minum, disarankan Anda untuk menambahkan buah dalam menu berbuka dan sahur Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)